Share

Breaking News: WADA Resmi Cabut Sanksi untuk Indonesia, Merah Putih Bisa Berkibar Lagi!

Cikal Bintang, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 15:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 43 2542413 breaking-news-wada-resmi-cabut-sanksi-untuk-indonesia-merah-putih-bisa-berkibar-lagi-NY8yWuhtcg.jpg WADA resmi cabut hukuman ke Indonesia dan Thailand. (Foto: NOC Indonesia)

WADA resmi mencabut sanksi untuk Indonesia. Itu artinya, Indonesia bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih di kancah turnamen olahraga internasional.

Selain Indonesia, Badan Antidoping Dunia (WADA) juga resmi mencabut sanksi bagi Thailand. Pengumuman itu disampaikan oleh WADA pada Jumat (4/2/2022) dalam laman resminya.

WADA. Foto: Reuters

BACA JUGA: Bendera Merah Putih Bisa Berkibar Lagi, Peraih Medali Perak Olimpiade Tokyo 2020 Ini Salut kepada Ketua NOC Indonesia

“Setelah pemungutan suara dari Komite Eksekutif (ExCo), Badan Anti-Doping Dunia (WADA) telah menghapus dengan segera Organisasi Anti-Doping Nasional (NADO) Indonesia dan Thailand dari daftar penandatangan yang tidak sesuai dengan kode Anti-Doping Dunia,” tulis WADA dalam laman resminya, Jumat (4/2/2022).

BACA JUGA: Kabar Baik dari LADI: Merah Putih Akan Berkibar Lagi

WADA melanjutkan, Indonesia sudah resmi memenuhi standar internasional untuk kepatuhan kode oleh penandatanganan. Hal yang sama juga berlaku untuk Thailand yang sebelumnya terkena sanksi.

“Sejalan dengan standar internasional untuk Kepatuhan Kode oleh Penandatangan, NADO Indonesia dan Thailand telah berhasil memenuhi kewajiban mereka untuk mendapatkan kembali kepatuhan,” sambung pernyataan resmi itu.

“Oleh karena itu, (Indonesia dan Thailand) telah dihapus dari daftar penandatangan yang tidak patuh,” lanjutnya.

Sebagai informasi, WADA menjatuhkan sanksi selama satu tahun terhadap LADI karena dinilai non-compliance terhadap WADA Code pada 7 Oktober 2021. Imbas sanksi tersebut, Merah Putih tak bisa berkibar tatkala atlet Indonesia naik podium.

Namun, saat ini WADA sudah resmi mencabut sanksi doping itu dari Indonesia dan Thailand. Dengan begitu, dipastikan Merah Putih bisa berkibar lagi di kancah turnamen olahraga internasional.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini