Share

Cerita Aprilio Manganang Ubah Status dari Wanita ke Pria

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 43 2513552 cerita-pilu-dan-jenaka-aprilio-manganang-saat-bertanding-bola-voli-sebagai-wanita-malu-sekali-qvPWvZqlPY.JPG Aprilio Manganan menjadi bintang tamu channel YouTube Deddy Corbuzier. (Foto/Instagram Close The Door)

JAKARTA – Mantan atlet bola voli Aprilio Perkasa Manganang atau yang lebih dulu dikenal dengan Aprilia Santini Manganang, menceritakan kisah pilu sekaligus jenaka ketika bertanding sebagai wanita. Dia mengingat dalam satu laga harus melakukan hal yang tidak biasa dilakukan oleh rekan setimnya.

Momen tersebut dikenangnya saat menjadi bintang tamu di Chanel YouTube Deddy Corbuzier. Pada kesempatan itu dia juga secara detail membagikan kisahnya yang mengalami Hipospadia.

Foto/Instagram

Sebagai informasi, Hipospadia merupakan penyakit kelainan pada pertumbuhan kelamin. Penyakit itu yang membuat Aprilio sempat dianggap sebagai wanita.

Baca juga: Kenang Masa Lalu sebagai Wanita, Aprilio Manganang Ceritakan Momen Lucu saat Main Voli

“Jadi 2015 itu (ada) pertandingan di Singapura. Gua tanding di situ harus menunjukkan seperti wanita. Pokoknya cantik bangetlah,” ungkap Aprilio mengutip percakapannya dengan Deddy Corbuzier, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Pesan Aprilio Manganang untuk Orang-Orang yang Senasib seperti Dirinya

“Akhirnya gua main pake bra. Dua bra. Bra yang agak nimbul dan bra sport. Pas gue spike, (bra) naik ke atas. Karena (dada) rata, bra naik. Terus minta time-out untuk kumpul. Itu malu sekali,” lanjut dia.

Aprilio menjelaskan ketika dia masih menjadi seorang wanita, ada beberapa pertanyaan yang membuat rada kesal sebelum pertandingan. Salah satunya terkait dengan masalah menstruasi.

“Waktu itu gua merasa gua wanita. Tapi gue bertanya kok gue gak bisa kayak cewek normal. Ada payudara. Setiap bulan mens. Kok gua gak ada. Kalau (sebelum) bertanding kan ditanyain (mens). Kadang gue juga ditanya. ‘Eh lo berapa bulan kalo haid kayak gitu’. Ya gua bilang kadang gak ada. Kadang ada. Ya, gue menutupi,” kenang Aprilio.

Pria kelahiran 27 April 1992 itu juga mecurahkan bahwa dia merasa terbebani dengan statusnya sebagai wanita. Namun, tak ada tempat yang bisa menjadi dia membagikan keluh kesahnya.

Foto/Instagram

“Sakit om ded, gue jalani sebagai seorang wanita itu, bukan yang seperti orang lihat, wah sukses. Gak, gua menderita. Gua berusaha jalani bukan diri gua. Tapi gua mengeluh ke siapa,” kata Aprilio.

Aprilio secara resmi berubah menjadi seorang pria pada Maret 2021 lalu. Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, resmi mengabulkan permohonan pengubahan nama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini