Charles Leclerc Tertarik Ikut Balapan Le Mans 24 Jam

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 18:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 43 2394728 charles-leclerc-tertarik-ikut-balapan-le-mans-24-jam-UFgvPrDwTs.jpg Charles Leclerc. (Foto: Instagram/@charles_leclerc)

MARANELLO – Pembalap Tim Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, punya ketertarikan untuk ambil bagian dalam ajang balapan ketahanan bergengsi, yakni Le Mans 24 Jam. Dia siap mengikuti balapan tersebut jika memang memiliki kesempatan.

Charles Leclerc mengklaim dirinya adalah penggemar ajang balapan ketahanan paling bergengsi di dunia itu. Namun, ia memastikan bahwa fokusnya untuk saat ini adalah Formula One (F1).

Charles Leclerc

“Saya mencintai Le Mans. Saya selalu menjadi penggemar dari balapan Le Mans,” kata Charles Leclerc, sebagaimana dimuat Motorsport, Rabu (14/4/2021).

BACA JUGA: Kepala Tim Ferrari Pesimis Leclerc dan Sainz Bakal Naik Podium di GP Emilia Romagna 2021

“Jika ada kesempatan datang, maka saya akan dengan senang hati bergabung. Saat ini, fokus utama saya adalah F1. Sekali lagi, jika ada kesempatan, mengapa tidak?” imbuh pria asal Monaco tersebut.

BACA JUGA: Charles Leclerc Kaget Paket yang Tiba di Rumahnya Ternyata Mobil Ferrari

Harapan Charles Leclerc mungkin terwujud dalam waktu dekat. Pasalnya, Ferrari sudah memastikan turun pada World Endurance Championship (WEC) pada 2023. Le Mans 24 Jam sendiri merupakan bagian dari kalender Kejuaraan Dunia WEC.

Ferrari dipastikan turun lagi pada ajang WEC seiring masuknya kategori hypercar mulai 2021. Keputusan WEC memasukkan kelas hypercar memang dimaksudkan untuk menarik perhatian pabrikan otomotif terkemuka seperti Ferrari.

“Dengan program hypercar di ajang Le Mans, Ferrari sekali lagi ingin menegaskan komitmen dan determinasinya untuk menjadi protagonis dalam ajang balapan berskala global,” tegas John Elkann, dikutip dari ESPN.

Charles Leclerc

Sekadar informasi, Ferrari sudah tidak pernah berpartisipasi dalam ajang balapan Le Mans 24 Jam sejak 1973. Pun begitu, mereka termasuk salah satu pabrikan tersukses dengan merebut sembilan kali gelar juara. Kemenangan terakhir diraih The Prancing Horse pada 1969.

Jika benar, maka Charles Leclerc akan mengikuti jejak sejumlah pembalap atau eks pembalap F1 yang ikut ambil bagian dalam ajang Le Mans 24 Jam. Sebelumnya, ada Nico Hulkenberg yang berstatus pembalap aktif di F1, tetapi ikut dalam Le Mans 24 Jam pada 2015.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini