Share

BPJS Ketenagakerjaan Klaim 148 Ribu Atlet dan Pelaku Olahraga di Indonesia Telah Terlindungi Program Jaminan Sosial

Rifqi Herjoko, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 43 2722513 bpjs-ketenagakerjaan-klaim-148-ribu-atlet-dan-pelaku-olahraga-di-indonesia-telah-terlindungi-program-jaminan-sosial-54uv1Bu0ec.jpeg BPSJ Ketenagakerjaan klaim 148 ribu atlet dan pelaku olahraga di Indonesia sudah terlindungi (Foto: Rifqi Herjoko/MNC Portal Indonesia)

BPJS Ketenagakerjaan mengklaim jika 148 ribu atlet dan pelaku olahraga sudah terlindungi program jaminan sosial. Hal tersebut pun membuat nasib para olahragawan di Indonesia kini menjadi lebih baik.

Kabar tersebut disampaikan langsung Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Bidang KSI, Muhyidin Mukim dalam Talkshow bersama Iluni Fakultas Hukum UI yang bertemakan “Jaminan Perlindungan Atlet Demi Kesinambungan Prestasi dan Industri Olahraga Nasional’.

BPJS Ketenagakerjaan

Talkshow tersebut digelar di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Rabu (7/12/2022). Diskusi tersebut secara khusus membahas mengenai jaminan sosial perlindungan atlet dan pelaku olahraga Tanah Air.

“Terkait perlindungan di bidang keolahragaan lumayan bagus. Di awal tahun 2022, baru 64 ribu atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini, sudah 148.446 atlet dan pelaku olahraga yang terlindungi,” ujar Muhyidin Mukim.

“Dari sepak bola, ada 2 persen (dari jumlah tersebut) sudah terlindungi dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” sambungnya kemudian.

Secara total, ada 2.965 atlet dan pelaku sepak bola yang telah terlindungi jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan. Adapun rinciannya adalah 819 orang berasal dari Liga 1, 162 orang dari Liga 2, dan sisanya berasal dari sumber lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Para atlet yang terlindungi BPJS Ketenagakerjaan berhak atas sejumlah jaminan sosial. Perlindungan yang diberikan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT).

BPJS Ketenagakerjaan

Informasi tersebut tentu merupakan kabar baik bagi dunia olahraga Tanah Air. Ke depannya, jumlah atlet yang terlindungi berpotensi meningkat lebih jauh lagi seiring dengan kesadaran pelaku olahraga terhadap jaminan sosial.

Keseriusan pemerintah dalam mendorong pelaku olahraga terlindungi dalam jaminan sosial nasional juga tercermin di Pasal 100 Undang-Undang No. 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan. Kita tentu berharap nasib para atlet semakin terjamin dengan keikutsertaan mereka di BPJS Ketenagakerjaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini