Share

Berapa Lama Wajib Ganti Sepatu Lari?

Rafid Ahmad Fauzi, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 43 2721977 berapa-lama-wajib-ganti-sepatu-lari-q9ks0AGrWf.jpg Berapa lama ganti sepatu lari (Foto: Reuters)

BERAPA lama wajib ganti sepatu lari akan Anda ketahui dalam artikel Okezone kali ini. Lari merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga yang sering dilakukan banyak orang.

Dalam olahraga lari, tentunya memerlukan sepatu. Sepatu lari memiliki masa pakainya sendiri, tergantung bagaimana cara kita menggunakannya.

Olahraga Lari

Sepatu lari yang sering digunakan, tentu kualitasnya akan semakin menurun seiring berjalannya waktu. Namun, sepatu lari yang jarang digunakan juga belum tentu memiliki masa pakai yang panjang lantaran sepatu dan sol akan semakin tidak erat jika jarang digunakan.

Berapa Lama Wajib Ganti Sepatu Lari?

Sebenarnya tidak ada ukuran waktu untuk mengganti sepatu lari. Jika masih nyaman menggunakan sepatu lari dan belum melihat ada kerusakan, sah-sah saja untuk terus digunakan.

Namun, kualitas sepatu seiring berjalannya waktu akan semakin menurun. Sehingga, tingkat kenyamanan si pemakai menggunakan sepatu tersebut juga akan menurun.

Sepatu lari yang sering digunakan akan mengalami pengikisan pada bagian alas. Pengikisan pada bagian alas menyebabkan sepatu menjadi licin.

Berikut indikator yang menjadi acuan berapa lama kamu wajib ganti sepatu lari:

- Jarak Tempuh atau Durasi

Jarak tempuh atau durasi sepatu lari sekitar 450-800 kilometer atau satu tahun. Konteks dalam penjelasan tersebut jika sepatu lari rutin digunakan untuk berlari.

Namun, jika sepatu lari lebih sering digunakan untuk kebutuhan kasual. Kamu bisa saja menggunakan sepatu lari lebih dari satu tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

- Alas Sepatu Menipis

Sepatu lari yang sering digunakan akan membuat alas atau sol akan semakin menipis. Hal tersebut akibat gesekan dengan aspal atau medan apapun yang begitu sering.

Olahraga Lari

Dampak dari alas sepatu tipis adalah daya cengkramnya menjadi kurang. Sehingga, ketika dipakai berlari kemungkinan terpeleset lebih besar karena licin.

- Sering Terasa Nyeri

Sepatu lari layak diganti ketika sudah merasa nyeri saat dipakai. Hal itu karena sepatu sudah mulai luntur dan busa-busa pada sepatu semakin menipis.

Ketika sedang olahraga dan kaki terasa nyeri karena sepatu tentu akan membuat tidak nyaman. Kaki bisa sering pegal dan lecet-lecet jika masih menggunakan sepatu tersebut.

- Kondisi Fisik Sepatu Terlihat Buruk

Mengganti sepatu lari bisa dilihat dari fisik sepatu tersebut. Jika sepatu sudah terlihat buruk, warna sudah mengusam, dan kulit sepatu sudah banyak kerutan tidak ada salahnya untuk mengganti sepatu.

- Terasa Tidak Seimbang

Sepatu lari bisa saja terasa tidak seimbang. Hal tersebut karena cara berjalan dan berlari yang membuat salah satu bantalan sepatu habis lebih dulu.

Sehingga, sepatu lari menjadi tidak rata pada bagian kanan dan kirinya. Sepatu yang tidak seimbang dapat membuat olahraga menjadi tidak nyaman.

Berapa lama wajib ganti sepatu lari sudah terjawab pada artikel ini. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini