Share

5 Petinju Terkenal yang Terjun ke Dunia Politik, Nomor 1 dari Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 43 2570638 5-petinju-terkenal-yang-terjun-ke-dunia-politik-nomor-1-dari-indonesia-K0YR843IDh.jpg Manny Pacquiao. (Foto: Instagram/@mannypacquiao)

5 petinju terkenal yang terjun ke dunia politik menarik dikulik. Sebab, kiprah mereka di dunia politik pun tak main-main, ada yang sampai mau maju sebagai presiden di negaranya.

Ya, usai memutuskan pensiun, sejumlah petinju dunia memilih banting setir menekuni profesi lain. Salah satunya ke dunia politik. Lalu, siapa saja petinju tersebut? Berikut 5 petinju terkenal yang terjun ke dunia politik.

BACA JUGA: Daftar 7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia

BACA JUGA: Curi Perhatian, Kisah Asmara Petinju Raksasa Islandia dengan Istri Cantik nan Mungil

5. Erik Morales

Erik Morales

Salah satu petinju terkenal yang terjun ke dunia politik adalah Erik Morales. Dia merupakan petinju tersohor dari Meksiko.

Soal prestasi, Erik Morales sudah meraih sejumlah gelar juara bergengsi. Salah satu duel yang paling diingat adalah kala dirinya mengalahkan Manny Pacquiao pada 19 Maret 2005. Hasil ini jadi sorotan karena tak banyak petinju yang bisa mengalahkan bintang Filipina itu.

Namun kini, Erik Morales sudah fokus menjalani karier barunya. Ia menjadi anggota parlemen Meksiko sejak 2020.

4. Daud Yordan

Daud Yordan

Kemudian, ada nama Daud Yordan. Petinju yang satu ini berasal dari Indonesia. Daud Yordan pernah memenangkan juara dunia pada kelas yang berbeda, yakni di kelas bulu (featherweight) versi IBO (2012-2013), kelas ringan (lightweight) versi IBO (2013), dan kelas ringan super (super lightweight) versi IBA (2019).

Namun, pada 2021, Daud Yordan mengumumkan akan terjun ke dunia politik. Hal itu disampaikannya usai memenangi duel melawan Ratchata Khapophimai di Thailand. Dia kabarnya akan maju menjadi calon DPD RI pada 2024.

3. Vitali Kiltschko

Di urutan ketiga, ada nama Vitali Kiltschko. Petinju asal ukraina ini memutuskan membagi fokusnya ke dunia politik pada 2005. Pasalnya, dia menekuni bidang ini tanpa meninggalkan kariernya sebagai petinju.

Karier Vitali Kiltschko di dunia politik pun terbilang sukses. Petinju yang pernah meraih gelar juara di WBO dan WBA ini bahkan pernah menjabat sebagai Wali Kota Kiev.

2. Manny Pacquiao

Manny Pacquiao

Lalu, ada Manny Pacquiao. Sosok petinju legendaris dari Filipina ini sudah tersohor namanya di dunia. Sebab, karier menterenag sukses diukirnya. Beberapa nama top takluk di tangannya, seperti Oscar de la Hoya, Ricky Hatton, Miguel Cotto, Erik Morales, dan Marco Antonio Barrera.

Dia pun sudah meraih beragam gelar juara. Mulai dari juara WBC kelas terbang 1998, IBF kelas bantam super 2001, WBC kelas bulu super 2008, WBC kelas ringan 2008, dan WBO kelas Welter 2009.

Sukses di tinju, Pacquiao melebarkan sayapnya ke dunia politik Filipina pada 2012. Kariernya di sana juga berlangsung ciamik. Kini, dia bahkan fokus maju sebagai calon presiden Filipina. Langkah ini diambil karena Pacquiao bertekad menumpas kemiskinan.

1. Chris John

Chris John

Terakhir, ada nama Chris John. Petinju yang satu ini sukses membawa harum nama Indonesia di kancah dunia lewat pestasi manisnya, salah satunya gelar juara WBA kelas bulu.

Sejak 2013, Chris John pun memutuskan untuk pensiun. Usai pensiun, dia memilih banting setir dengan terjun ke dunia politik. Profesi baru ini digelutinya sejak 2018.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini