Share

Daftar 7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 26 Maret 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 26 43 2568254 daftar-7-petinju-indonesia-yang-pernah-jadi-juara-dunia-Ak5XBgjCcM.jpg 7 petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia. (Foto: WBA)

7 petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia akan menjadi topik pembahasan pada artikel kali ini. Nama Indonesia pernah diharumkan dalam bidang olahraga tinju oleh para atlet kebanggaannya. Sepanjang sejarah, Indonesia memiliki 7 petinju yang pernah menang dalam ajang kejuaraan dunia.

Tinju sendiri merupakan olahraga yang populer di dunia. Dalam dunia tinju, terdapat beberapa organisasi utama yang akan memberikan gelar juara dunia, seperti World Boxing Council (WBC), World Boxing Association (WBA), International Boxing federation (IBF), dan World Boxing Organization (WBO).

BACA JUGA: Curi Perhatian, Kisah Asmara Petinju Raksasa Islandia dengan Istri Cantik nan Mungil

Nah, berikut adalah daftar 7 petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia beberapa organisasi tersebut.

BACA JUGA: WBC, WBO, dan IBF Resmi Tangguhkan Petinju Rusia dan Belarusia, Imbas Invasi ke Ukraina

7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia

1. Ellyas Pical

7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia

Ellyas Pical merupakan petinju pertama Indonesia yang dapat memenangkan gelar juara dunia kelas bantam junior IBF pada 1985-1987.

2. Nico Thomas

Petinju kedua Indonesia yang bisa menyabet gelar juara dunia jatuh kepada Nico Thomas. Petinju asal Ambon ini memenangkan juara dunia pada kelas terbang mini IBF pada 1989.

3. Suwito Lagola

Suwito Lagola adalah petinju Indonesia yang berasal dari Sumatera Utara. Ia pernah menang sebagai juara dunia di kelas welter WBF pada 1995-1997.

4. Ajib Albarado

Ajib Albarado atau Ahmad Tajid adalah petinju asal Surabaya yang pernah menyabet gelar juara dunia pada kelas welter junior WBF pada 1996-2000. Ia memenangkan gelar tersebut saat melawan petinju FIlipina, Dindo Canoy.

5. Muhammad Rachman

Muhammad Rachman pernah mendapatkan gelar juara dunia pada kelas yang palig ringan, yaitu kelas terbang mini IBF pada 2004-2007 dan 2011.

6. Chris John

7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia

Petinju asal Banjarnegara, Jawa Tengah, Chris John adalah petinju dengan gelar juara dunia terlama di Indonesia. Ia menyandang gelar juara dunia pada kelas bulu WBF selama 10 tahun, yaitu dari 2003 hingga 2013.

7. Daun Yordan

7 Petinju Indonesia yang Pernah Jadi Juara Dunia

Pentinju yang satu ini pernah memenangkan juara dunia pada kelas yang berbeda, juara dunia di kelas bulu (featherweight) versi IBO (2012-2013), juara dunia di kelas ringan (lightweight) versi IBO (2013), dan juara dunia di kelas ringan super (super lightweight) versi IBA (2019).

Nah, itulah daftar 7 petinju Indonesia yang pernah jadi juara dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini