Ukuran Lapangan Bola Voli Berdasarkan Standar Nasional dan Internasional

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 17:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 43 2473040 ukuran-lapangan-bola-voli-berdasarkan-standar-nasional-dan-internasional-SXENtkG1Vs.jpg Ukuran lapangan bola voli. (Foto: Instagram/@altynbekova_20)

UKURAN lapangan bola voli penting untuk diketahui agar permainan yang akan dilakukan bisa berjalan dengan tepat dan sesuai aturan yang ditetapkan. Apalagi, voli sendiri jadi olahraga yang terbilang favorit bagi masyarakat Indonesia dan dunia.

Antusiasme besar dari masyarakat terhadap olahraga ini dapat dibuktikan dari penuhnya penonton dalam pertandingan-pertandingan voli. Keseruan dari olahraga ini sendiri tak terlepas dari kekompakan sebuah tim.

BACA JUGA: Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Tim

Sebab, olahraga voli memang harus dimainkan dengan melibatkan pemain dari dua tim. Banyaknya jumlah pemain yang akan berlaga membuat luas lapangan ditetapkan secara khusus.

BACA JUGA: 5 Variasi dan Kombinasi Permainan Bola Voli

Lalu, berapa ukuran lapangan bola voli berdasarkan standar nasional dan internasional? Yuk, kita kulik lebih jauh.

Ukuran Lapangan Voli

Mengingat olahraga voli sudah dipertandingkan di kancah global, jadi ada ukuran lapangan yang ditetapkan secara internasional. Sesuai standar nasional dan internasional, ukuran lapangan voli memiliki beberapa spesifikasi.

Ukuran lapangan bola voli

(Pemain tengah beraksi dalam pertandingan voli)

Panjang lapangan voli adalah 18 meter, sementara lebarnya 9 meter. Kemudian, ada juga aturan soal lebar garis serang, yakni 3 meter. Daerah clearance di lapangan voli adalah daerah menghalau bola di bagian belakang 3-8 meter dan bagian samping 3-5 meter.

Ukuran Net Voli

Kemudian, ukuran net di lapangan voli adalah lebar 1 meter dan panjang 9 meter. Tinggi net bola voli pun beragam, untuk putra adalah 2,43 meter, sementara putri 2,24 meter.

Ukuran lapangan bola voli

(Lapangan bola voli)

Selanjutnya adalah soal jarak tiang net dengan garis samping lapangan voli, yakni 0,5-1 meter. Untuk pita tepian samping net, lapangan voli memiliki ukuran 5 sentimeter (cm) sepanjang 1 meter. Sementara untuk tepian atas net adalah 5 cm.

Tinggi antena di lapangan voli adalah 0,8 meter di atas net. Mata jala net memiliki panjang 10 cm. Dengan serangkaian aturan ini, permainan voli yang berstandar nasional dan internasional bisa dilakukan.

Ukuran Lapangan Voli Sesuai Jenis Permainannya

Permainan voli sendiri diketahui memiliki beberapa jenis. Mulai dari voli pantai hingga voli indoor. Sesuai namanya, voli indoor biasanya dilakukan di dalam ruangan terutup, seperti gedung olahraga.

Ukuran lapangan bola voli

(Ilustrasi pertandingan bola voli)

Sementara itu, voli pantai biasanya digelar di tempat terbuka dan di pinggir pantai karena memerlukan pasir. Untuk voli pantai, lapangannya sendiri memiliki perbedaan dari indoor.

Lapangan voli pantai tidak memiliki garis serang seperti di indoor. Panjang lapangan voli pantai adalah 16 meter dengan lebar delapan meter. Panjang netnya 8,50 meter dengan lebar 1 meter. Kemudian untuk tinggi net tetap sama, di mana untuk putra adalah 2,43 meter, sementara putri 2,42 meter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini