5 Variasi dan Kombinasi Permainan Bola Voli

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 08 September 2021 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 08 40 2468239 2-variasi-dan-kombinasi-permainan-bola-voli-n64YvPYjHB.jpg Variasi dan kombinasi permainan bola voli. (Foto/Wikimedia)

ADA lima variasi dan kombinasi permainan bola voli. Pola latihan pada permainan bola voli dapat dilakukan dengan mengombinasikan berbagai macam keterampilan gerak, di antaranya passing atas, passing bawah, servis atas, servis bawah dan smash.

Permainan bola voli diawali dengan melakukan servis dari luar garis belakang lapangan. Pemain yang melakukan servis harus membuat bola melewati net dan masuk ke area bidang lawan. Pemain lawan akan berusaha mengembali bola dengan maksikmal tiga sentuhan.

Tim berhasil mendapatkan poin jika bola menyentuh area lapangan, atau tim lawan melakukan sentuhan lebih dari tiga kali.

Foto/Ist

(Pemain voli siap melepaskan umpan kepada rekannya)

Untuk bisa bermain voli ada beberapa variasi gerakan dasar. Gerakan tersebut yakni passing bawah, passing atas, servis atas dan smash. Berikut caranya mengutip buku 12 pembelajaran bola voli:

5. Servis Bawah

Untuk bisa melakukan servis bawah, kondisikan badan agak condong ke depan dan berat badan berada pada kaki belakang. Bola dipegang dengan satu tangan setinggi pinggang di depan badan.

Lengan kanan yang akan digunakan memukul servis berada di belakang badan dan jari-jari tangan dirapatkan. Lambungkan bola di depan badan (tidak terlalu tinggi). Ayunkan lengan kanan (yang digunakan memukul servis) ke depan arah bolabersamaan berat badan dibawa ke depan.

Perkenaan tangan pada saat posisi bola setinggi pinggang. Kaki belakang dilangkahkan ke depan. Tangan yang digunakan lurus depan serong atas. Pandangan mengikuti arah jalannya bola.

Apabila Anda telah dapat melakukan teknik dasar servis bawah menggunakan ta-ngan kanan dengan kontrol yang baik, sekarang mundur selangkah servis 5 kali, mundur 2 langkah 5 kali, mundur 3 langkah, demikian seterusnya hingga batas kemampuan Anda. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jarak servis. Dan bila dengan tangan kanan Anda telah lancar melakukannya, sekarang coba menggunakan tangan kiri.

Variasi

Apabila Anda telah dapat melakukan teknik dasar servis bawah menggunakan tangan kanan dengan kontrol yang baik, sekarang mundur selangkah servis 5 kali, mundur 2 langkah 5 kali, mundur 3 langkah, demikian seterusnya hingga batas kemampuan Anda. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jarak servis. Dan bila dengan tangan kanan Anda telah lancar melakukannya, sekarang coba menggunakan tangan kiri.

4. Servis Atas

Cara melakukan servis atas berdiri tegak. Kedua kaki sikap melangkah (kaki kiri di depan, kanan di belakang). Tangan kiri memegang bola di depan badan. Pandangan ke arah bola (depan).

Foto/Ist

(Pemain voli siap melakukan smash)

Lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri. Lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.

Variasi:

Apabila Anda telah dapat melakukan servis atas menggunakan tangan kanan dengan kontrol yang baik melewati net, sekarang mundur selangkah servis 5 kali, mundur 2 langkah servis 5 kali, mundur 3 langkah servis 5 kali, demikian seterusnya hingga batas kemampuan Anda. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jarak servis, dan bila dengan tangan kanan Anda telah lancar melakukannya, sekarang coba menggunakan tangan kiri.

3. Passing Atas

Berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan.

Posisi kedua lengan depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang hingga membentuk seperti mangkuk di depan atas muka/wajah.

Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut, tumit, dan pinggul naik.

Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas muka/wajah. Perkenaan bola yang baik tepat mengenai jari-jari tangan.

2. Passing Bawah

Berdiri, sikap melangkah dan bola dipegang depan badan. Lambungkan bola ke atas di depan badan disusul kedua lengan diluruskan ke arah datangnya bola.

Biarkan bola jatuh dan memantul pada kedua lengan. Setelah Anda dapat merasakan perkenaan bola dengan kedua lengan sudah baik, sekarang coba ayunkan kedua lengan untuk menjemput bola.

Perkenaan bola dengan kedua le-ngan pada saat kedua lengan rata dengan bahu.

Variasi:

Apabila Anda telah dapat melakukan pass bawah di tempat dengan kontrol yang baik, sekarang coba lakukan sambil berjalan maju, mundur, ke samping kiri/kanan.

1. Smash

Berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan di samping badan. Rendahkan kedua lutut bersamaa kedua lengan ditarik ke belakang. Tolakan kedua kaki ke atas vertikal bersamaan kedua lengan diayun ke depan atas.

Foto/Reuters

(Smash yang dilepaskan coba diblok dua pemain sekaligus)

Pukul bola pada bagian atasnya dengan telapak tangan terbuka dan pergelangannya diaktifkan.

Mendarat menggunakan kedua ujung telapakkaki dan lutut mengeper. Kedua tangan di samping badan, dan pandangan mengikuti arah gerakan.

Apabila Anda telah dapat melakukan teknik dasar smes lurus ke depan, sekarang coba diarahkan ke sebelah kiri atau kanan pasangannya. Setelah Anda dapat melakukan teknik dasar smes dengan tangan kanan, sekarang coba lakukan dengan tangan kiri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini