Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Tim

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 07:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 43 2469073 jumlah-pemain-bola-voli-dalam-satu-tim-Z142VBhvOA.jpg Jumlah pemain bola voli. (Foto: Instagram/@altynbekova_20)

JUMLAH pemain bola voli jadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan sebelum memainkan olahraga ini. Sebab, jika jumlah pemainnya tak mencapai batas minimal, olahraga voli tak bisa dimainkan dengan tepat dan jauh lebih seru.

Voli sendiri diketahui menjadi salah satu olahraga yang digemari di Indonesia atapun dunia. Sebab, olahraga ini mudah dimainkan dan tentunya setiap pertandingan selalu berjalan seru dan menarik.

BACA JUGA: 5 Foto Cantik Sabina Altynbekova Gunakan Dress, Nomor 1 Gandeng Pria Tersayang

Karena dimainkan secara beregu, setiap individu penting memerhatikan jumlah pemain sebelum berlaga. Lalu, berapa jumlah pemain bola voli dalam satu tim? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: 10 Teknik Bola Voli untuk Pemula

Jumlah Pemain Bola Voli

Aturan terkait jumlah pemain dalam pertandingan bola voli sendiri sudah ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Federasi ini memang menjaid induk bola voli dunia sehingga bertugas untuk menetapkan beragam aturan.

Jumlah Pemain Bola Voli

(Pertandingan bola voli)

Setiap tim dalam permainan voli harus terdiri dari enam pemain yang beraksi di lapangan. Sementara itu, ada empat pemain lainnya yang menjadi cadangan.

Jadi, total jumlah pemain yang ada dalam satu tim untuk pertandingan voli adalah 10 orang. Ketetapan ini berlaku untuk kompetisi resmi.

Tetapi, dalam aturan terbaru yang dikeluarkan FIVB pada 2017-2020, satu tim dalam olahraga voli bisa terdiri hingga 12 pemain. Dengan begitu, jumlahnya jauh lebih banyak dari aturan sebelumnya.

Jika Pemain Kurang dari Ketetapan

Lalu, bagaimana jika jumlah pemain tak sesuai dengan aturan yang ditetapkan? Dalam aturan yang telah ditetapkan FIVB, jika satu tim hanya terdapat kurang dari 4 orang, pertandingan tidak bisa dilanjutkan.

Jumlah Pemain Bola Voli

(Pevoli cantik asal Kazakhstan, Sabina Altynbekova)

Dengan begitu, tim yang bertanding dengan jumlah pemain yang tak sesuai itu akan dianggap kalah. Hal ini tentunya terjadi karena laga takkan berjalan berimbang dengan kondisi tersebut.

Pergantian Pemain

Dalam kompetisi resmi, FIVB juga mengeluarkan aturan soal pergantian pemain. Aturannya menyebut bahwa pergantian pemain tidak dibatasi.

Jadi, satu tim diperbolehkan mengganti berulang kali pemain yang ada di lapangan. Kondisi ini berbeda dengan aturan dalam sejumlah olahraga, khususnya sepakbola.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini