Share

Lari Maraton: Pengertian dan Sejarahnya

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Rabu 28 September 2022 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 43 2676598 lari-maraton-pengertian-dan-sejarahnya-lo1vihKabC.jpg Lari Maraton: Sejarah dan Pengertiannya. (Foto: Reuters)

LARI maraton, baik pengertian atau sejarahnya menarik untuk dikulik. Sebab, olahraga balap lari terjauh sepanjang 42,195 kilometer ini selalu berlangsung seru dan menarik.

Lari maraton merupakan olahraga yang mengandalkan kekuatan serta fisik. Olahraga ini termasuk salah satu yang digemari masyarakat dunia, termasuk Indonesia, karena memang mudah untuk melakukannya.

Lari Maraton: Pengertian dan Sejarahnya

Lari maraton dapat ditempuh sebagai lomba di jalan raya (onroad) maupun luar jalan raya (offroad). Saat ini, maraton banyak diadakan dalam kejuaraan, salah satunya di Olimpiade.

Tetapi tidak hanya itu, olahraga ini juga memiliki divisi khusus, yakni lomba lari maraton bagi penyandang disabilitas. Olahraga ini menggunakan kursi roda.

BACA JUGA: 5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula, Nomor 1 Paling Penting

Dengan sederet penjelasan di atas, menarik mengupas lebih dalam soal lari maraton. Menilik lebih jauh soal pengertian atau sejarah lari maraton.

Sejarah Lari Maraton

Nama maraton sendiri merupakan nama daerah yang berasal dari salah satu negara di Benua Eropa, yaitu Yunani. Pada 490 sebelum masehi, terdapat pertempuran Maraton di teluk maraton Yunani.

BACA JUGA: Cetak Rekor Dunia Perempuan Lari Selama 106 Hari, Lutut Harus Dioperasi

Setelah pertempuran selesai, ada legenda bernama Pheidippides, sang pembawa pesan yang berlari tanpa henti dari Maraton menuju Athena. Dia mengabarkan kemenangan perang Yunani atas bangsa Persia.

Sang legenda Pheidippides, pelari yang membawa pesan tersebut, kemudian wafat karena kelelahan berlari tanpa henti dari Maraton menuju Athena, Yunani. Lalu, masyarakat Yunani mengenang jasa prajurit itu.

Setelah sekian abad, barulah Olimpiade mengadakan perlombaan lari jarak jauh dengan jarak 24 mil atau 40 km di ajang Olimpiade modern pertama. Ajang itu diadakan di Maraton menuju Athena pada 1896.

Pada Olimpiade tersebut, pelari asal Amerika Serikat yang berpartisipasi, membawa oleh-oleh lomba Maraton ke negara asalnya. Mulai 1897, mereka selalu menyelenggarakan lomba lari Boston Maraton setiap tahunya. Tak heran, Boston Maraton menjadi lomba paling bergengsi.

Lari Maraton: Pengertian dan Sejarahnya

Pada Olimpiade 1908 di London, jarak lari maraton kemudian diperpanjang menjadi 26 mil atau 41 km. Kemudian pada 1921, ditetapkan standarisasi untuk jarak lari maraton, menjadi 26 mil 385 yard atau 42,195 km.

Seiring waktu berjalan hingga saat ini, olahraga maraton dimodifikasi menjadi cabang olahraga atletik. Atletik cabor lari mempunyai nomor-nomor berbeda, tergantung jarak mulai dari jarak pendek, menengah, sampai jauh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini