Share

5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula, Nomor 1 Paling Penting

Rina Anggraeni, Jurnalis · Jum'at 29 Juli 2022 04:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 28 43 2638166 5-persiapan-lari-maraton-bagi-pemula-nomor-1-paling-penting-vbgBro8F0M.jpg Berikut lima persiapan lari maraton bagi pemula (Foto: Pro Marathon)

5 persiapan lari maraton bagi pemula, akan dibahas Okezone. Olahraga lari memang tengah menjadi gaya hidup di kalangan remaja. Selain meningkatkan kebugaran tubuh, berlari bisa membuat hidup lebih bahagia.

Banyak studi menyebutkan, bahwa lari merupakan salah satu aktivitas fisik yang meningkatkan endorfin. Hormon ini secara alami dapat menimbulkan perasaan bahagia. Berikut lima persiapan lari maraton bagi pemula, versi Okezone:

5. Cari Teman untuk Lari Maraton

5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula

(Lari bersama teman, foto: Strait Times)

Jangan pandang lari maraton dari sisi beratnya. Trik agar siap lari maraton adalah mencari teman yang memiliki hobi sama. Dalam sepanjang balapan, Anda bisa lari sambil mengobrol dengan teman Anda. Olahraga akan lebih menyenangkan dan membuat Anda ketagihan jika dilakukan bersama teman.

4. Rutin Latihan

5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula

(Lari bersama keluarga, foto: Istimewa)

Latihan secara ideal sangat ideal dilakukan setiap hari. Paling tidak, berlarinya sekira 20-30 menit hingga terbiasa. Kalau sudah, praktik terus hingga Anda siap melakoni ajang lari maraton.

3. Jangan Paksa Diri

5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula

(Lari pada pagi hari, foto: Istimewa)

Kalau mau nyaman berlari, kuncinya jangan memaksakan diri. Untuk pemula, balapan lari marton yang sering dipilih adalah 5K. Namun ketika baru pertama kali latihan, taklukkan satu per satu balapannya setiap hari.

Setelah lari maraton, usahakan untuk minum air dalam jumlah yang cukup. Anda bisa minum cairan isotonik ataupun air putih. Perbanyak minum meski tidak haus. Satu jam setelah lari maraton, cobalah untuk makan camilan tinggi karbohidrat, seperti roti isi, energy bar atau pisang.

2. Bangkitkan Semangat

5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula

(Lari bersama keluarga, foto: Istimewa)

Banyak cara untuk membangkitkan semangat orang untuk memulai lari maraton. Misalnya, dengan membeli ragam aksesoris atau sepatu lari untuk memudahkan gerakan Anda. Setelah itu, perlahan-lahan latihan di tempat yang nyaman setiap hari.

1. Senangi Olahraganya

5 Persiapan Lari Maraton bagi Pemula

(Lari seorang diri pada pagi hari, foto: Istimewa)

Setiap orang nyaman melakukan apa pun jika menyenanginya. Oleh sebab itu, cintai lari marathon perlahan-lahan dari lubuk hati yang paling dalam. Setelah itu, lakukan trik yang lainnya untuk membangkitkan semangat berlari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini