Turnamen Biliar Hot Nine: Pebiliar Tisa Anggun dari Jawa Barat Kalahkan Vinda Marthatilova dari Jawa Tengah dengan Skor 3-1

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 43 2361575 turnamen-biliar-hot-nine-pebiliar-tisa-anggun-dari-jawa-barat-kalahkan-vinda-marthatilova-dari-jawa-tengah-dengan-skor-3-1-3vGQSQi0SM.jpeg Aksi Tisa Anggun dan Vinda Marthatilova (Foto: MNC Media)

TURNAMEN Biliar 9 Ball Hot Nine yang dilaksanakan PB POBSI bersama iNews menggelar pertandingan ketiga yang mempertemukan  Atlet senior Jawa Barat Tisa Anggung Wulandini dengan atlet Jawa Tengah Vinda Marthatilova Sabtu (13/2/2021) malam WIB. 

Tisa akhirnya membuktikan tekadnya untuk mengalahkan Vinda yang pernah mengalahkannya dalam Women Open Tournament beberapa waktu lalu. Kali ini Tisa unggul 3-1 dari Vinda.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB POBSI  Achmad Fadil Nasution mengatakan secara keseluruhan Tisa tampil lebih baik dan tenang dibanding Vinda.

"Tisa mengawali game awal dengan tenang melalui break namun illegal break. Vinda tidak dapat menggunakan kesempatan dengan baik dan terlambat menembak bola. Tisa mampu menyelesaikan game pertama dengan bantuan keberuntungan  bola 8 saat menembak bola 7 sehingga skor 1-0 utk Tisa.” ujar Fadil Nasution

Baca juga: Turnamen Biliar Hot Nine: Pebiliar Jabar Tisa Anggun Bertekad Balas Kekalahan dari Pebiliar Jateng Vinda Marthatilova di Pertemuan Sebelumnya

Tisa Anggun dan Vinda Marthatilova (Foto: MNC Media)

Game kedua diawali break sah Vinda namun tidak ada bola yang masuk. Lalu Tisa memasukkan bola 1 dan bola 2, serta safety bola 3 namun kelihatan. Skor imbang  setelah Tisa banking foul tidak kena.  Vinda mengeksekusi semua bola dengan baik sehingga skor 1-1.

Di game ketiga, Golden break Tisa pada frame 3, sehingga skor 2-1 untuk Tisa. Di Game keempat, break Vinda masuk bola 1, foul pada bola 2 dilanjutkan oleh Tisa free ball masuk bola 2 dan bola 3 tidak masuk. Vinda melanjutkan kombinasi bola 3 ke bola 8 namun tidak masuk.

Baca juga: 8 Pebiliar Cantik di Turnamen Hot Nine Siap Berlaga di PON Papua

Vinda terlihat sangat tegang. Tisa memasukkan bola satu demi satu dengan baik.  Tisa menunjukkan skill sangat baik waktu banking bola 7 ke tengah, menempatkan posisi bola putih ke bola 8 sangat baik, kemudian bola 9 juga dalam posisi tembak dan dieksekusi dengan baik oleh Tisa, ditutup dengan kemenangan Tisa 3-1.

Seusai pertandingan Vinda yang sedang disiapkan untuk berlaga di PON Papua November mendatang  mengakui Tisa bermain lebih baik.

“Faktor kesiapan bagi saya sangat penting. Apalagi ini sesuatu yang baru untuk saya. Kesiapan secara mental, teknis dan penyesuaian meja sangat sangat berpengaruh. Race to 3, race yg sangat pendek menurut saya banyak faktor di luar ekspektasi kita. Siapapun bisa menang dan siapapun bisa kalah," ujar Vinda Marthatilova. 

Tisa mengatakan Vinda adalah pemain yang teliti.  Karena itu ia berusaha memanfaatkan setiap kesempatan untuk bisa mengungguli Vinda.

“Mencoba untuk meminimalisir  tingkat kesalahan dan tetap fokus, tenang di setiap game," kata Tisa. 

Ini adalah pertemuan kedua bagi kedua atlet, dalam pertemuan sebelumnya beberapa waktu lalu  Vinda mengalahkan Tisa. Tisa mengatakan belajar banyak dari kekalahan itu dan  memang menyiapkan diri lebih serius untuk mnghadapi pertemuan kali ini dengan  Vinda.

Turnamen biliar bola 9 Hot Nine diikuti 16 atlet putri berprestasi nasional.  Jawa Barat menurunkan 5 orang atlet yaitu Nony Andilah, Poppy Puspita, Tisa Anggun, Anita Kanjaya dan  Dini Handayani. Jawa Tengah 2 atlet, yaitu Angeline Ticoalu dan Vinda Marthatilova.

Turnamen menggunakan format race to 3, artinya mencari tiga point kemenangan. Pertandingan ini relatif pendek  dibandingkan dengan  pertandingan-pertandingan  open turnamen umumnya.

Pada Minggu 14 Februari 2021, pada pertandingan keempat akan bertemu Echa Sudarto dari Banten dengan Fanny Lestari dari DKI Jakarta.

Saksikan pertandingan antara Echa dan Fanny Minggu 14 Februari 2021 pukul 20.00 WIB di stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Program  yang dipandu oleh Rendra Soedjono dan Nova Elisa ini juga dapat diikuti melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini