Golovkin: Keputusan Subjektif Juri Bikin Rusak Olahraga Tinju

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 28 Februari 2018 16:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 28 43 1866030 golovkin-keputusan-subjektif-juri-bikin-rusak-olahraga-tinju-Afr5AWdfn2.jpg Gennady Golovkin vs Canelo Alvarez (Foto: AFP)

LAS VEGAS – Rasa kecewa tengah melanda petinju berkebangsaan Kazakhstan, Gennady Golovkin, saat bertanding melawan Saul Canelo Alvarez pada 16 September 2017. Pasalnya, pada saat itu pertandingan diumumkan oleh juri berakhir imbang, padahal Golovkin merasa dirinya lebih mendominasi laga.

Tak hanya Golovkin yang merasa keputusan juri tersebut subjektif dan mengandung kontroversi, sejumlah pengamat tinju pun berpendapat demikian. Mantan juara tinju kelas menengah, Sergio Martinez, salah satunya yang menilai Golovkin layak tampil sebagai pemenang di laga tersebut.

(Baca juga: Canelo Optimis Bikin KO Golovkin)

Karena pertarungan itu berakhir imbang, maka Golovkin pun akan melangsungkan pertandingan ulang melawan Canelo yang akan dilangsungkan pada 5 Mei 2018 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Namun, petinju 35 tahun itu berharap agar di laga nanti keputusan juri objektif dan sesuai dengan apa yang terjadi di atas ring.

Golovkin mengaku kalau dirinya sangat kecewa dengan keputusan juri pada laga sebelumnya. Pasalnya, selama ini ia selalu menjunjung tinggi sportivitas. Maka dari itu, ketika Golovkin mendapati penilaian juri yang subjektif, hal tersebut disebutnya dapat merusak olahraga tinju secara keseluruhan.

Pasalnya, olahraga tinju tak akan lagi dipandang sebagai pertarungan adu kekuatan di atas ring, namun hasil ditentukan oleh juri ke mana mereka lebih berpihak. Golovkin pun mengaku tak malu menyatakan ketidaksukaannya terhadap juri tersebut, karena ia merasa masih ada pihak yang memiliki penilaian objektif dan menyadari kenyataan siapa yang seharusnya pantas menang.

“Saya selalu bersikap adil. Pertarungan pertama itu tidak memiliki keadilan. Jenis penilaian seperti ini adalah apa yang menyakiti tinju. Apa yang saya lihat di dalam ring, dan apa yang saya dengar dari komentar di pinggir ring itu tidak sama,” ujar Golovkin, seperti dilansir Boxing Scene, Rabu (28/2/2018).

“Komentator mengatakan menurut opini mereka sendiri. Itu tidak buruk bagi saya, tapi buruk untuk olahraga tinju. Saya kira saya pantas menang. Statistik membuktikannya dan ahli HBO (Lederman) berpikir saya menang. Fans berpikir saya menang,” tandas Golovkin.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini