Share

Upaya Hilangkan Stigma Negatif Terhadap Biliar, PB POBSI Akan Lakukan Akreditasi Tempat Main Biliar

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 43 2722504 upaya-hilangkan-stigma-negatif-terhadap-biliar-pb-pobsi-akan-lakukan-akreditasi-tempat-main-biliar-rErx6nNhE3.jpg Sekretaris Jenderal PB POBSI, Robi Suharli ditemui usai Rakornas PB POBSI (Foto: Ilham Sigit/MNC Portal Indonesia)

JAKARTA – Pengurus Besar Persatuan Biliar Seluruh Indonesia (PB POBSI), melalui Sekretaris Jenderalnya, Robi Suharli mengatakan terus berupaya menghilangkan stigma negatif terhadap biliar. Adapun upaya yang dilakukan PB POBSI adalah dengan memberikan akreditasi arena-arena atau tempat pertandingan biliar.

PB POBSI menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di iNews Tower pada Rabu (7/12/2022). Dalam rapat tersebut, dibahas mengenai rencana PB POBSI untuk memberikan akreditasi untuk arena-arena biliar di Indonesia. 

Sekjen PB POBSI

Rupanya, stigma negatif masyarakat terhadap biliar berbeda dengan olahraga pada umumnya. Arena biliar kemudian terkotakkan menjadi dua tujuan, yakni untuk hiburan dan olahraga.

Sementara meja-meja biliar umumnya terdapat di tempat-tempat hiburan seperti bar yang menjual minuman beralkohol atau tempat hiburan malam. PB POBSI pun ingin melakukan sosialisasi agar stigma masyarakat terhadap biliar perlahan hilang.

Salah satunya dengan memberikan akreditasi untuk arena atau tempat bermain biliar di Indonesia. Arena biliar yang memang dijadikan venue untuk kepentingan berolahraga atau mengasah kemampuan atlet akan diberikan akreditasi, sehingga masyarakat tidak khawatir untuk mencicipi olahraga bola sodok tersebut.

"Yang pertama mengenai akreditasi, poinnya simple saja, bagaimana caranya stigma negatif terhadap biliar dihilangkan dengan memberikan akreditasi kepada arena-arena biliar," kata Robi Suharli, usai Rakernas PB POBSI, Rabu, (7/12/2022).

Follow Berita Okezone di Google News

"Sehingga jika orang membuka web kita ingin bermain biliar, kan dia gak tahu mau main di arena mana, nanti dia pilih arena yg sudah ada akreditasi di web POBSI," tuturnya.

Biliar

(PB POBSI upaya hilangkan stigma negatif terhadap olahraga biliar) 

"Karena itu (akreditasi) jaminan bahwa tidak ada stigma negatif di arena biliar tersebut," ujarnya.

Robi Suharli menambahkan, stigma negatif masyarakat yang berkurang akan sejalan dengam prestasi para atlet. Kompetisi pun akan semakin digalakkan di kemudian hari.

"Banyak masukan dan saran, walaupun kita juga setiap saat pertandingan Kejurnas dan segala macam sudah diusahakan dengan baik," ujarnya.

"Ini masukannya sudah sangat berkembang, mudah mudahan presfasi lebih baik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini