Share

Bentuk Belasungkawa terhadap Tragedi Kanjuruhan, NOC Indonesia Bakal Kenakan Pita Hitam Selama Sepekan

Rio Eristiawan, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2022 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 43 2679902 bentuk-belasungkawa-terhadap-tragedi-kanjuruhan-noc-indonesia-bakal-kenakan-pita-hitam-selama-sepekan-s1qgxWdh8t.jpeg Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari (Foto: NOC)

BENTUK belasungkawa terhadap Tragedi Kanjuruhan, NOC Indonesia bakal kenakan pita hitam selama sepekan. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari.

Tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, selepas laga Arema FC vs Persebaya Surabaya tak hanya membawa duka kepada sepakbola, melainkan juga cabang olahraga lain di Indonesia. Sebab, ini merupakan tragedi sepakbola paling kelam sepanjang sejarah Indonesia, dengan memakan korban jiwa hingga 125 orang.

Arema FC

“Komite Olimpiade Indonesia mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya untuk para korban Stadion Kanjuruhan. Semoga yang meninggal mendapat tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," kata Raja dalam rilis, Senin (3/10/2022).

"Duka Indonesia adalah duka dunia. Hari ini hingga tujuh hari ke depan, NOC Indonesia akan mengenakan pita hitam sebagai bentuk belasungkawa atas apa yang terjadi,” ucapnya.

Okto menjelaskan Indonesia banyak menerima ucapan belasungkawa dari organisasi olahraga regional, kontinental, bahkan dunia. Baik melalui telepon, hingga pernyataan langsung yang diterima.

Terlebih, delegasi NOC Indonesia yang diwakili Komite Eksekutif Jadi Rajaguguk, Sekretaris Jenderal Harry Warganegara dan Wakil Sekretaris Jenderal III Josephine Tampubolon saat ini tengah berada di Kamboja. Mereka sedang menghadiri Olympic Council of Asia (OCA) General Assembly di Kamboja, 3-5 Oktober.

Belasungkawa atas musibah di Kanjuruhan juga disampaikan para petinggi olahraga dunia. Mulai dari Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach, Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino, serta klub-klub sepak bola Eropa.

Selain itu, Liga Spanyol mengheningkan cipta untuk tragedi Kanjuruhan selama satu menit sebelum pertandingan dimulai. Selama pertandingan juga ditayangkan pita hitam dan bendera Merah Putih pada siaran langsung pertandingan.

Raja pun berterima kasih kepada semua pihak atas perhatiannya terhadap insiden tersebut. Ia pun ingin semua pihak olahraga, khususnya di Indonesia melakukan pertemuan untuk membahas tentang solusi ke depannya agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi.

“Saya berterima kepada sahabat-sahabat stakeholder olahraga, khususnya di dunia, atas simpati yang diberikan. Sampai hari ini yang disampaikan kepada kami bentuknya belasungkawa, tetapi kita, bersama stakeholder olahraga di Indonesia, harus segera duduk untuk berbicara dalam domain yang lebih besar yaitu kepentingan Merah putih,” ujarnya.

Raja pun berharap masyarakat jangan sampai terpecah belah dan tetap bersatu, serta kejadian di kanjuruhan sebagai pelajaran untuk olahraga Indonesia lebih baik lagi. tak lupa ia mendoakan para korban agar diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kesabaran.

Tragedi Kanjuruhan

“Semoga kita semua bisa dipersatukan, jangan berikan ruang sedikit pun untuk kita dipecah belah. Jatuhnya korban di Kanjuruhan harus selalu menjadi pengingat dan turning point kita dalam membentuk tata kelola olahraga dan pertandingan agar menjadi lebih baik lagi. Kejadian seperti ini tidak boleh terjadi lagi!,' ucapnya.

“Mereka yang meninggal di Stadion Kanjuruhan akan selalu ada di hati dan doa kita. Semoga para korban mendapat kedamaian dan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," jelasnya.

Sepakbola Indonesia sedang berada di hari terkelam, setelah terjadi insiden di Kanjuruhan. Pasalnya lebih dari 127 korban meninggal selepas pertandingan Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022).

Hal tersebut terjadi akibat Aremania -nama suporter Arema FC- tak puas usai Singo Edan -julukan Arema FC- menelan kekalahan 2-3 dari lawanya. Mereka masuk kedalam stadion dan membuat pihak keamanan menembakan gas air mata untuk menertibkan suasana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini