Share

Harapan Menpora di Piala Dunia Panjat Tebing 2022: Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Lagi!

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Sabtu 24 September 2022 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 43 2674159 harapan-menpora-di-piala-dunia-panjat-tebing-2022-kiromal-katibin-pecahkan-rekor-lagi-8siq4TrEhD.jpg Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin (Foto: FTPI)

HARAPAN Menpora di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 akan anda ketahui pada artikel ini. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali berharap atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin bisa pecahkan rekor dunia lagi.

Seperti diketahui, ajang Piala Dunia Panjat Tebing 2022 akan berlangsung di Jakarta pada 24-26 September 2022. Pada sabtu 24 September 2022 pagi WIB, Menpora resmi membuka gelaran Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di kawasan SCBD, Jakarta.

Panjat Tebing

Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah dari salah satu seri kejuaraan panjat tebing dunia itu. Menpora pun menyampaikan apresiasi yang besar untuk Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, yang turut hadir dalam acara pembukaan itu, karena sudah membawa turnamen panjat tebing internasional ke Tanah Air, padahal menurutnya hal itu bukanlah suatu perkara yang mudah.

"Pemerintah mengapresiasi dan terima kasih kepada Mbak Yenny yang sudah berusaha membawa Piala Dunia Panjat Tebing ke Indonesia. Sekali lagi itu tidak mudah untuk membawa satu perhelatan internasional ke sini," kata Zainudin Amali kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Sabtu (24/9/2022).

BACA JUGA:Ternyata Ini Makanan yang Enak Sekali Menurut Elkan Baggott

"Apalagi panjat tebing ini kan di dalam desain besar olahraga nasional kita dan juga masuk di dalam cabor unggulan kita. Dan kita punya juara dunia, kita memegang rekor," imbuhnya.

Ya, Indonesia memang punya dua jagoan panjat tebing di nomor speed. Mereka adalah Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang masing-masing duduk di ranking satu dan dua dunia.

Bahkan, Kiromal Katibin merupakan pemegang rekor dunia di nomor speed saat ini dengan catatan waktu 5,009 detik. Rekor itu dicatatkannya pada seri yang berlangsung di Charmonix, Perancis pada Juli lalu.

Kiromal Katibin

Oleh karena itu, Menpora berharap Kiromal Katibin bisa kembali menorehkan rekor baru di Jakarta. Tentu saja, jika bisa melakukannya, itu akan menjadi kenangan manis karena dia membukukannya di depan publiknya sendiri.

"Mudah-mudahan rekor itu dipertahankan dan kalau bisa dipecahkan rekornya. Oleh karena itu, pemerintah sangat memberikan dukungan penuh kepada cabor panjat tening karenan masyarakat kita sangat banyak yang suka dengan olahraga ini," ujar Zainudin Amali.

Aksi Kiromal Katibin untuk mencoba memecahkan rekornya sendiri di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 akan berlangsung hari ini, Sabtu (24/9/2022). Dia akan melakoni kualifikasi lebih dulu pada siang hari dan jika lolos, laga final menantinya pada sore hingga malam hari nanti.

Sebagai informasi, pada Piala Dunia Panjat Tebing 2022 ini, terdapat 197 atlet dari 27 negara yang ikut berpartisipasi. Dengan rincian, sebanyak 58 atlet putra dan 41 atlet putri di kategori speed dan 47 atlet putra dan 51 atlet putri di kategori lead.

Indonesia sendiri mengutus total 42 atlet untuk tampil di ajang paling bergengsi di dunia panjat tebing ini. Rinciannya adalah 12 atlet putra dan 10 atlet putri nomor lead serta 10 atlet putra dan 10 atlet putri nomor speed. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini