Share

Alasan Mengapa Permainan Softball Kurang Populer di Indonesia

Cita Zenitha, Jurnalis · Selasa 20 September 2022 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 20 43 2671237 alasan-mengapa-permainan-softball-kurang-populer-di-indonesia-tTpQrvUMHq.jpg Alasan mengapa permainan softball kurang populer di Indonesia. (Foto: Reuters)

ALASAN mengapa permainan softball kurang populer di Indonesia menarik dikulik. Ternyata, bukan hanya persoalan fasilitas, ada faktor lain yang membuat olahraga ini kurang populer.

Jika dibandingkan dengan sepakbola atau bulu tangkis, softballadalah satu permainan yang kurang diminati oleh masyarakat Indonesia. Walau kurang populer, bukan berarti tidak ada peminatnya sama sekali.

Alasan Mengapa Permainan Softball Kurang Populer di Indonesia

Olahraga softball mulai masuk ke Indonesia pada 1967, bertepatan dengan berdirinya PERBASASI atau Persatuan Baseball dan Softball Amatir Seluruh Indonesia. Melalui organisasi tersebut, olahraga softball mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Pertandingan Cabor Softball Buka PON XX Papua 2021

Bahkan pada 1969, Indonesia yang mengadakan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-7 memasukkan softball ke dalam daftar pertandingan. Hanya saja, seiring berjalannya waktu, eksistensi softball di Indonesia mulai kendur.

BACA JUGA: Sejarah Olahraga Hockey di Indonesia yang Belum Banyak Diketahui

Penasaran mengetahui alasan mengapa permainan softball jurang populer di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Alasan Mengapa Permainan Softball Kurang Populer di Indonesia

Di Indonesia, sepakbola menjadi salah satu olahraga populer dan memiliki banyak peminat. Lantas mengapa eksistensi softball sebagai olahraga dunia, tidak secemerlang sepakbola?

Salah satu alasannya tentu saja karena pengenalan softball di Indonesia cukup terlambat dibanding dengan olahraga lainnya. Apalagi, Indonesia sendiri memiliki berbagai olahraga tradisional yang tidak kalah populer.

Padahal, di Amerika dan Jepang, olahraga ini begitu terkenal dan sering diadakan kompetisi. Anak-anak di Amerika dan Jepang bahkan sering memainkan olahraga ini, tidak hanya di sekolah, tetapi juga di gang-gang perumahan.

Jika dibandingkan dari 270 juta penduduk di Indonesia, mungkin hanya 15% sampai 20% saja yang mengetahui olahraga ini. Melihat angka tersebut, dapat diketahui bahwa hanya sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang tahu tentang olahraga softball.

Alasan Mengapa Permainan Softball Kurang Populer di Indonesia

Pengenalan olahraga softball yang cukup terlambat di Indonesia ini menjadi alasan terbesar mengapa tidak populer dan tidak berkembang. Hanya sebagian provinsi di Indonesia saja yang mengenalkan olahraga ini kepada anak-anak usia dini. Beberapa provinsi baru mengenalkan softball kepada anak-anak yang menginjak SMP dan SMA. 

Demikianlah alasan mengapa permainan softball kurang populer di Indonesia. Semoga ke depannya olahraga ini dapat terus berkembang dan memiliki banyak peminat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini