Share

5 Fakta Brandon Jawato, Pebasket Naturalisasi yang Bantu Timnas Basket Indonesia Cetak Sejarah di SEA Games 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 36 2599394 5-fakta-brandon-jawato-pebasket-naturalisasi-yang-bantu-timnas-basket-indonesia-cetak-sejarah-di-sea-games-2021-1sC2X4pcof.jpg Brandon Jawato kala membela Timnas Basket Putra Indonesia. (Foto: Reuters)

5 fakta Brandon Jawato menarik dikulik. Sebab, Brandon Jawato sendiri diketahui merupakan pebasket naturalisasi yang membantu Timnas Basket Indonesia mencetak sejarah di SEA Games 2021.

Ya, Timnas Basket Putra Indonesia sukses mengukir sejarah di SEA Games 2021 usai meraih medali emas. Kepastian meraih medali emas sendiri didapat Brandon Jawato dkk usai mengalahkan Filipina di laga pamungkas SEA Games 2021.

BACA JUGA: Timnas Basket Putra Indonesia Ukir Sejarah Sabet Medali Emas di SEA Games 2021, Ketua NOC: Seperti Juara Umum!

Berlaga sengit di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022, Indonesia sukses meraih kemenangan atas Filipina dengan skor 85-81. Hasil ini membuat Timnas Basket Putra Indonesia meraih medali emas untuk pertama kalinya di SEA Games, sekaligus mematahkan dominasi Filipina yang sudah 13 kali juara beruntun.

BACA JUGA: Bikin Judul Heboh, Media Vietnam Takjub Timnas Basket Indonesia Hancurkan Raja Basket Asia Tenggara Filipina di SEA Games 2021

Di balik kesuksesan ini, ada sederet fakta menarik soal Brandon Jawato. Apa saja? Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 fakta Brandon Jawato.

5. Karier di Basket

Brandon Jawato

Kecintaan Brandon dengan dunia basket tampaknya sudah ditunjukkan sejak masih di bangku sekolah. Pebasket berusia 28 tahun itu pun sudah mengukir karier basketnya sejak di bangku SMA. Dia menjadi pemain paling bersinar semasa bersekolah menengah atas di California.

Karena performanya yang ciamik, Brandon Jawato pun meneruskan pendidikannya ke Hawai'i Pacific University. Di sana, karier basketnya makin berkembang pesat sehingga meraih penghargaan Big West Player of the Week pada 2013.

Lulus dari perguruan tinggi, Brandon pindah ke Indonesia dengan membela sejumlah klub Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Pelita Jaya dan CLS Knight Surabaya.

4. Main di Jepang

Brandon Jawato

Selain berkarier di Indonesia, Brandon juga membela klub basket di Jepang. Dia bermain untuk klub B1 (liga basket tertinggi di Jepang), Utsunomiya Brex, sejak Agustus 2021 hingga saat ini.

3.  Resmi Jadi WNI sejak 2020

Brandon Jawato

Fakta lainnya berkaitan dengan proses naturalisasi Brandon. Dia resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 12 November 2020.

Brandon resmi dinaturalisasi bersamaan dengan pesepakbola Marc Klok. Kehadiran Brandon diharapkan bisa membuat skuad Timnas Basket Putra Indonesia makin kuat, utamanya kala berlaga di Piala Dunia Basket 2023.

2. Laga Perdana Bersama Timnas Basket Putra Indonesia

Brandon Jawato

Usai resmi menjadi WNI, Brandon langsung mendapat kesempatan membela Timnas Basket Putra Indonesia. Hal itu tepatnya terjadi kala Timnas Basket Putra Indonesia melawan Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Dalam laga yang digelar di Khalifa Sports City Stadium, Bahrain, 28 November 2020 itu, dia sukses menampilkan kinerja ciamik. Brandon menjadi pencetak poin terbanyak Indonesia dengan 22 poin dan juga mencetak 8 rebounds, 8 assists, 7-7 free-throw shooting.

1. Punya Darah Bali

Brandon Jawato

Fakta lainnya adalah Brandon Jawato memiliki darah Bali. Darah ini mengalir ayah Brandon yang berama Nyoman Jawato.

Sementara itu, ibu Brandon, yakni Belinda van Dorn, berasal dari Amerika Serikat. Brandon sendiri lahir di Santa Monica, California, Amerika Serikat, dan menetap di sana sejak kecil.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini