Share

Timnas Basket Putra Indonesia Ukir Sejarah Sabet Medali Emas di SEA Games 2021, Ketua NOC: Seperti Juara Umum!

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 36 2599195 timnas-basket-putra-indonesia-ukir-sejarah-sabet-medali-emas-di-sea-games-2021-ketua-noc-seperti-juara-umum-xtgaZdNrQd.jpg Timnas basket putra Indonesia sabet medali emas SEA Games 2021. (Foto: Instagram/@perbasi.ina)

TANGERANG Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mengukir sejarah usai meraih medali emas di SEA Games 2021. Mendapati hasil manis ini, Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, menyebut hal itu membuat euforia layaknya Indonesia menjadi juara umum.

Ya, Timnas Basket Putra Indonesia memastikan medali emas setelah berhasil mengalahkan Filipina di laga terakhir. Berlaga sengit di Thanh Tri Gymnasium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022, Indonesia sukses meraih kemenangan dengan skor 85-81.

Timnas Basket Putra Indonesia

Tentu saja, hal itu sangat membanggakan bagi Indonesia. Pasalnya, sejak pertama kalinya, Timnas Basket Putra Indonesia berhasil mendapatkan medali emas pada cabor basket di SEA Games. Hal ini sekaligus mematahkan dominasi Filipina yang telah menjadi juara selama 13 kali berturut-turut.

BACA JUGA: Raih Medali Emas di SEA Games 2021, Apriyani Rahayu Tulis Pesan Menyentuh

Secara keseluruhan, Indonesia hanya mampu berada di peringkat ketiga pada klasemen akhir SEA Games 2021. Namun, Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa kemenangan tim basket telah membuat suasana layaknya Indonesia menjadi juara umum.

BACA JUGA: Sabet Medali Emas di SEA Games 2021, Pemain Timnas Voli Putra Indonesia Ini Langsung Ditawari Main di Liga Vietnam

“Karena hari ini kita menjemput tim basket, rasanya meski kita peringkat tiga, tapi seperti menjadi peringkat satu,” ujar Raja Sapta Oktohari dalam acara penyambutan atlet di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (24/5/2022).

“Jadi, medali emas dari basket ini menjadi sebuah euforia bagi kita semua, seperti saat tim polo air Indonesia berhasil mengalahkan Singapura di Filipina (SEA Games 2019),” imbuhnya.

Selain itu, Raja Sapta juga merasa sangat senang Indonesia bisa berhasil menggulingkan dominasi Filipina di cabor Basket. Dirinya pun merasa kemenangan tersebut menjadi modal penting bagi Indonesia untuk bisa meraih hasil yang juga baik pada turnamen berikutnya.

Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 pulang ke Tanah Air. Foto: Muammar Yahya Herdana/MNC Portal Indonesia

(Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 pulang ke Tanah Air. Foto: Muammar Yahya Herdana/MNC Portal Indonesia)

“Setelah 31 tahun, akhirnya tim basket Filipina berhasil dikalahkan oleh tim basket Indonesia. Jadi euforia ini sangat dirasakan dan membuat seluruh masyarakat Indonesia bergembira,” sambungnya.

“Kemenanangan ini juga akan dijadikan momentum untuk menyambut FIBA Asia dan dunia. Hasil ini membuat saya yakin Indonesia bisa mendapat hasil terbaik di kejuaraan berikutnya,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini