Share

WBC, WBO, dan IBF Resmi Tangguhkan Petinju Rusia dan Belarusia, Imbas Invasi ke Ukraina

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 43 2555358 wbc-wbo-dan-ibf-resmi-tangguhkan-petinju-rusia-dan-belarusia-imbas-invasi-ke-ukraina-DYhZz9TCU5.jpg Ilustrasi tinju. (Foto: Reuters)

WBC, WBO, dan IBF resmi menangguhkan petinju Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi di turnamen tinju. Keputusan ini diambil usai adanya invasi militer yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina.

Seperti yang telah diketahui, Rusia telah melakukan invasi militer tersebut sejak Kamis 24 Februari 2022. Belarusia yang telah mendukung tindakan tersebut pun juga ikut diberikan sanksi oleh berbagai organisasi.

Ring Tinju

BACA JUGA: Halau Invasi Rusia, Juara Dunia Tinju dari Ukraina Gabung ke Batalion Pertahanan

Kini, WBC, WBO, dan IBF secara resmi menyatakan dukungannya terhadap Ukraina. Mereka meminta kedua belah pihak melakukan gencatan senjata dan segera mengakhiri perang yang hingga kini masih berlangsung.

BACA JUGA: Jake Paul Sering Diremehkan, Mike Tyson Beri Pembelaan

“WBC, WBO, dan IBF bergabung dengan dunia olahraga dalam permohonan mendesak untuk gencatan senjata dan mengakhiri perang di Ukraina, dengan invasi dari Rusia,” tulis pernyataan tersebut, Rabu (2/3/2022).

Ketiga organisasi tersebut pun tidak akan mengesahkan semua pertarungan yang diikuti oleh atlet dari Rusia dan Belarusia. WBC, WBO, dan IBF akan terus memantau segala perkembangan yang ada daan berharap semua bisa kembali berjalan normal.

“Efektif hari ini, organisasi kami tidak akan mengesahkan pertarungan kejuaraan apa pun yang melibatkan petinju dari Rusia dan Belarusia. Kami akan terus memantau perkembangan yang sedang berlangsung, berharap situasi ini segera teratasi, untuk memulihkan kehidupan dan aktivitas normal,” imbuh pernyataan tersebut.

“Dunia tinju bersatu untuk perdamaian, dunia olahraga bersatu untuk perdamaian dan menolak segala bentuk perang. Nyawa tak bersalah sedang hilang dan tentara sekarat dari Ukraina dan Rusia,” sambung pernyataan itu.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa federasi olahraga yang telah melarang atlet dari Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi. Di antaranya ada sepakbola dan juga bulu tangkis yang telah lebih dulu melakukan hal serupa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini