Share

Halau Invasi Rusia, Juara Dunia Tinju dari Ukraina Gabung ke Batalion Pertahanan

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 43 2554254 halau-invasi-rusia-juara-dunia-tinju-dari-ukraina-gabung-ke-batalion-pertahanan-oR0ySJjEtA.jpg Vasiliy Lomachenko. (Foto: Mirror)

KIEV – Petinju asal Ukraina yang pernah meraih gelar juara dunia, Vasiliy Lomachenko, tak tinggal diam melihat Rusia menginvasi negaranya. Dia pun langsung bergabung ke batalion pertahanan Ukraina guna membantu menghalau invasi Rusia.

Setelah sebelumnya ada legenda tinju Klitschko bersaudara yang turun tangan bela habis-habisan Ukraina dari invasi Rusia, kini, Lomachenko yang melakukannya. Vasiliy Lomachenko sendiri merupakan petinju kelas bulu hingga ringan Ukraina yang pernah meraih gelar juara dunia dalam kisaran 2008-2009.

Vasiliy Lomachenko

Dalam laporan ESPN, Vasiliy Lomachenko telah bergabung dengan batalion pertahanan teritorial di Ukraina. Mantan juara dunia di tiga kelas berat itu mengunggah foto dirinya mengenakan baju besi dan mengenakan seragam ke halaman Facebook-nya.

BACA JUGA: Berseteru, Hubungan Conor McGregor dan Tyson Fury Makin Memanas

Menurut laporan itu, Lomachenko berada di Yunani ketika Rusia melancarkan invasi. Dia pun harus terbang ke Bucharest, Rumania, untuk mencapai rumahnya di Ukraina.

Sebelumnya, legenda tinju Ukraina yang juga Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko, dan saudaranya, Wladimir, telah mengangkat senjata guna membela habis-habisan negara itu. Dua mantan juara kelas berat itu telah lama menjadi tokoh utama dalam protes menentang hubungan yang lebih dekat dengan Rusia.

BACA JUGA: Jake Paul Sering Diremehkan, Mike Tyson Beri Pembelaan

Dedikasi para petarung ring ini dalam membela negaranya diapresiasi Presiden WBC Ukraina, Mykola Kovalchuk. Dia sangat bangga para petinju membangkitkan tinju lebih dari sekadar olahraga.

“Kami sangat bangga dengan petinju kami, juara sejati kami dalam tinju dan juara dalam perang ini. Kami bangga menjadi orang Ukraina,” ucap Kovalchuk ke ESPN, dikutip dari laman Nypost, Senin (28/2/2022).

Lomachenko yang kini berusia 34 tahun sendiri menorehkan catatan ciamik selama berkarier di dunia tinju. Dia tercatat meraih 16 kemenangan dan 2 kekalahan sejauh ini. Sebanyak 11 kemenangan diraih secaara KO.

Lomachenko telah dikaitkan dengan perebutan gelar pada Juni 2022 di Australia. Dia akan melawan juara tak terbantahkan, George Kambosos.

Vasiliy Lomachenko

Pertarungan itu akan memungkinkan Lomachenko untuk merebut kembali sabuk kelas ringan yang dia serahkan saat kalah pada Oktober 2020 dari bintang baru, Teofimo Lopez. Kambosos kemudian mengambil sabuk dari Lopez pada November 2021.

Lomachenko telah memenangkan dua pertarungan usai berduel dengan Lopez. Terakhir, dia mengalahkan Richard Commey melalui keputusan di Madison Square Garden pada Desember.

Peraih 2 medali emas Olimpiade itu pun dianggap sebagai salah satu petarung pound-for-pound terbaik di dunia. Sosoknya pun begitu tersohor di dunia tinju.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini