Profil Toprak Razgatlioglu, sang Juara Dunia World Superbike 2021

Djanti Virantika, Jurnalis · Minggu 21 November 2021 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 38 2505096 profil-toprak-razgatlioglu-sang-juara-dunia-world-superbike-2021-bDSX7Ex9kR.jpg Toprak Razgatlioglu juara World Superbike 2021. (Foto: Instagram/@toprak_tr45)

PROFIL Toprak Razgatlioglu menarik untuk diketahui, usai dirinya sukses merebut gelar juara World Superbike 2021. Gelar juara ini dipastikan menjadi milik Razgatlioglu usai tampil apik dalam Race 1 GP Mandalika 2021.

Mentas di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Minggu (21/11/2021) pagi WIB, Toprak Razgatlioglu sukses mendulang hasil manis. Dia finis di posisi kedua.

Toprak Razgatlioglu

Meski gagal memenangi balapan di World Superbike Mandalika 2021, hasil ini sudah cukup membawa Toprak Razgatlioglu menjad juara. Sebab kini, koleksi poinnya sudah tak bisa dikejar sang pesaing terberatnya, Jonathan Rea, di sejumlah sesi tersisa pada World Superbike Mandalika 2021.

Rea sendiri sebenarnya sukses memenangi Race 1 di Sirkuit Mandalika. Meski begitu, hasil tersebut tak cukup membawanya memperpanjang napas dalam perebutan gelar juara.

Kesuksesan Razgatlioglu merebut gelar juaraa sendiri membawanya menorehkan catatan manis dalam kariernya. Sebab, pembalap asal Turki itu diketahui baru pertama kali menjuarai World Superbike.

Toprak Razgatlioglu

Karier pembalap asal Turki itu di ajang World Superbike baru dimulai pada 2019. Pembalap berusia 25 tahun itu membela tim Kawasaki pada musim debutnya. Kariernya pun berjalan cukup manis karena dirinya mampu finis di posisi kelima pada klasemen pembalap.

BACA JUGA: Hasil Race 1 World Superbike Mandalika 2021: Finis Kedua, Toprak Razgatlioglu Segel Gelar Juara Dunia

Aksi ciamiknya menarik minat dari Yamaha. Alhasil, dia berindah tim pada 2020 dengan membela Tim PATA Yamaha.

Karier pembalap kelahiran Alanya, 16 Oktober 1996 itu pun berjalan sangat manis di Yamaha. Pada musim 2020, dia langsung menang di balapan pertama yang digelar di Australia. Total, ada tiga kemenangan dan enam podium yang diraih pada musim itu hingga membawanya finis di posisi keempat.

Musim ini, Toprak Razgatlioglu tampil lebih menggila. Dia bisa menang 13 kali dan merebut 16 podium sejauh ini. Alhasil, Toprak memimpin balapan dan memastikan gelar juara di race terakhirnya musim ini yang berlangsung di Sirkuit Mandalika.

Sebelum sukses besar di World Superbike 2021, Razgatlioglu mencicipi sejumlah ajang balap lain. Awal karier balapnya dimulai dengan berkompetisi dalam balapan kelas 600 cc pada usia 13 tahun.

Toprak Razgatlioglu

Kemudian, di usia 15 tahun, Razgatlioglu sukses menembus kancah Eropa dengan berlaga di ajang Piala Dunlop Yamaha R6. Dia terus mengepakkan kariernya dengan mengamankan tempat di Red Bull Rookies Cup pada 2013.

Pada 2013, Razgatlioglu menunjukkan kekuatannya yan luar biasa karena tak hanya mentas di satu ajang saja. Razgatlioglu juga berlaga di ajang Supermoto Turki. Kerja kerasnya membuahkan tempat di European Superstock 600 Championship pada 2015.

Di ajang European Superstock, nama Razgatlioglu makin tersohor. Sebab, di musim debutnya, dia langsung bisa menyegel gelar juara. Dia kemudian naik kelas ke Europan Superstock 1000 Championship pada 2016.

Meski gagal menyabet gelar juara di kelas baru, pesona Razgatlioglu menarik minat tim di World Superbike hingga memboyongnya ke ajang itu pada 2018. Kini, dia makin mengundang decak kagum publik karena ketangguhannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini