Share

Derita Unboxing Ilegal, Ducati Sebut World Superbike Mandalika Layaknya Balapan 40 Tahun Lalu?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 38 2500266 derita-unboxing-ilegal-ducati-sebut-world-superbike-mandalika-layaknya-balapan-40-tahun-lalu-n2sWszWk3E.jpg Oknum yang ketahuan membuka motor Ducati yang hendak turun di race World Superbike Mandalika 2021. (Foto: Speedweek)

DIREKTUR Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, dikabarkan marah besar atas kejadian unboxing illegal yang terjadi jelang balapan world superbike di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021. Menurut laporan Speedweek, pria asal Italia itu menyindir penyelenggaraan World Superbike Mandalika layaknya kondisi balapan 40 tahun lalu.

“Seperti yang kita tahu, di dunia motorsport hal ini seperti ini (unboxing illegal) pernah terjadi di negara-negara berkembang 40 tahun lalu,” tulis laporan yang dimuat Speedweek.

Unboxing motor Ducati

(Oknum yang tertangkap kamera sedang membuka motor Ducati)

Menurut laporan Speedweek, oknum yang membuka motor Ducati adalah panitia lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla, pun meminta maaf dan mengonfirmasi si karyawan telah dipecat akibat kelakuannya tersebut.

"Kami minta maaf sebesar-besarnya. Insiden ini di luar kontrol kami. Karyawan yang membuka kargo tersebut sudah dipecat," kata Lavilla mengutip dari Speedweek, Kamis (11/11/2021).

Namun, Kepala Divisi Operasional MGPA, Dyan Dilato, saat konfirmasi tim MNC Portal Indonesia (MPI), menolak tuduhan yang mengatakan oknum mereka lah yang membuka motor Ducati tersebut.

BACA JUGA: Unboxing Motor Ducati secara Ilegal, Oknum Panitia Lokal World Superbike di Sirkuit Mandalika Dipecat

Dyan Dilato mengatakan bukan panitia yang membuka motor tersebut. Ia bahkan menyebut kejadian ini sangatlah memalukan.

“Itu bukan panitia. Tapi, oknum yang sangat memalukan,” kata Dyan melalui pesan WhatsApp kepada MPI, Kamis (11/11/2021).

Sirkuit Mandalika

(Penampakan dari atas Sirkuit Mandalika)

Sekadar informasi, dalam aturan yang berlaku, kargo logistik hanya boleh dibuka otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo. Hal itu untuk mencegah spionase atau pencurian data yang dapat merugikan tim.

Sekarang, tentu harapannya balapan yang berlangsung 19-21 November 2021 berjalan menarik. Sebab, sudah sangat lama Indonesia tidak menjadi tuan rumah ajang grand prix kelas dunia.

Satu lagi, Sirkuit Mandalika juga tak hanya menjadi tuan rumah World Superbike 2021. Rencananya, balap motor paling prestisius, MotoGP, juga akan menggelar balapan di sana per 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini