Share

Unboxing Motor Ducati secara Ilegal, Oknum Panitia Lokal World Superbike di Sirkuit Mandalika Dipecat

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 11 November 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 11 38 2500109 unboxing-motor-ducati-secara-ilegal-oknum-panitia-lokal-world-superbike-di-sirkuit-mandalika-dipecat-3nFCrJ67fr.jpg Panitia lokal yang membuka motor Michael Rinaldi secara ilegal dilaporkan dipecat (Foto: Instagram/@michaelrinaldi21)

OKNUM pantia lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dilaporkan dipecat usai membuka motor Ducati, tepatnya tim Aruba Ducati Corse, secara ilegal. Kejadian ini tentu mencoreng wajah Indoensia sebelum gelaran World Superbike (WSBK) berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.

Padahal, kargo logistik para pembalap hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo untuk mencegah spionase dan manipulasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oknum panitia MGPA buka kargo logistik Ducati secara ilegal (Foto: Istimewa)

Namun, oknum tidak bertanggung jawab justru membuka kargo logistik tim Ducati. Dia terlihat membuka penutup motor Ducati, yang akan dikendarai oleh pembalap asal Italia, Michael Rinaldi, dalam video di media sosial.

Kejadian ini pun mengundang amarah dari Direktur Olahraga Ducati, Paolo Ciabatti. Direktur Eksekutif WSBK, Gregorio Lavilla, pun langsung meminta maaf.

BACA JUGA: Logistik untuk Ajang World Superbike Indonesia 2021 Dibuka, Ducati Marah-Marah

Lavilla menyatakan kejadian ini di luar kontrol mereka. Selain itu, dia juga menginformasikan, bahwa oknum panitia lokal yang membuka motor Ducati secara ilegal telah dipecat.

"Kami minta maaf sebesar-besarnya. Insiden ini di luar kontrol kami. Karyawan yang membuka kargo tersebut sudah dipecat," kata Lavilla, dikutip dari Speedweek, Kamis (11/11/2021).

Kejadian ini tentu menjadi pelajaran berarti untuk MGPA. Hal serupa diharapkan tidak terjadi di masa depan demi menjaga nama baik Indonesia di dunia internasional.

Meski ada kejadian kurang menyenangkan sebelum WSBK Indonesia 2021 dimulai, itu tidak akan mengurangi keseruan persaingan Toprak Razgatlioglu vs Jonathan Rea di Sirkuit Mandalika. Sebab, WSBK Indonesia 2021 bisa menentukan juara musim ini.

Jonathan Rea (Foto: Kawasaki)

Toprak kini memimpin klasemen sementara dengan koleksi 531 poin. Pembalap Turki itu unggul 30 poin dari rival sekaligus sang juara bertahan, Rea, di posisi kedua.

Jika Toprak juara, itu akan menjadi gelar WSBK pertamanya. Sementara itu, Rea akan meraih gelar WSBK ketujuhnya secara beruntun jika juara pada musim ini. Menarik untuk melihat persaingan dua pembalap hebat itu di Sirkuit Mandalika.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini