Share

5 Aksi Kontroversial Valentino Rossi di MotoGP, Nomor 1 Baku Hantam Lawan Senior

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 09 November 2021 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 09 38 2498999 5-aksi-kontroversial-valentino-rossi-di-motogp-nomor-1-baku-hantam-lawan-senior-xgyMjJ1eIe.jpg Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi. (Foto: MotoGP)

VALENTINO Rossi akan pensiun dari MotoGP usai melakono balapan di Valencia pada Minggu 14 November 2021. Tentu pensiunnya Valentino Rossi akan menjadi sebuah kehilangan yang amat besar untuk kompetisi tersebut.

Apalagi Rossi memiliki andil besar dalam mempopulerkan ajang balap MotoGP. Kehebatannya dalam mengendarai kuda besi membuat sanggup meraih sembilan gelar juara dunia, yang mana tujuh di antaranya diraihnya saat tampil di kelas MotoGP.

Berbagai prestasi luar bias pernah ditorehkan pembalap berjuluk The Doctor tersebut. Namun, ada banyak juga momen kontroversial yang menyelimuti perjalanan Rossi di MotoGP. Lantas apa saja hal kontroversi yang pernah dilakukan pembalap asal Italia tersebut?

Berikut 5 Aksi Kontroversial Valentino Rossi di MotoGP:

5. Berdebat dengan Jorge Lorenzo saat Konferensi Pers

Rossi vs Lorenzo

Pada race MotoGP San Marino 2016, Rossi dan Lorenzo sempat saling beradu mulut di sesi konferensi pers pasca balapan. Lorenzo menjadi pihak yang paling emosi karena ketika dirinya sedang berbicara, Rossi justru menyelak pembicaraannya.

Pada momen itu, Lorenzo menjawab pertanyaan wartawan terkait manuver Rossi yang dianggapnya terlalu berbahaya. Rossi pun mencoba membantah, namun Lorenzo justru kesal karena pembicaraanya diganggu.

4. Senggolan dengan Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2015

Insiden Rossi vs Marquez di MotoGP Malaysia 2015

Marquez dan Rossi adalah dua rival abadi di MotoGP. Persaingan mereka sempat membuat kedua pembalap tersebut saling bersenggolan di MotoGP Malaysia 2015.

Kala itu di sepanjang balapan di Sirkuit Sepang tersebut Rossi dan Marquez saling salip menyalip. Namun, insiden tak terhindarkan terjadi di lap ketujuh pada tikungan ke-14, di mana senggolan terjadi dan Marquez harus terjatuh hingga tak bisa melanjutkan balapan.

Dari insiden itu, pihak Marquez menuding Rossi telah menendangnya. Namun, pendukung Rossi melihat bahwa Marquez sendiri yang menghampiri kaki The Doctor dan membuatnya terjatuh.

Singkat cerita, Rossi akhirnya dijatuhi hukuman atas aksinya tersebut. Sanski yang diberikan adalah Rossi harus start dari paling belakang saat melakoni balapan MotoGP Valencia 2015, dan membuatnya kehilangan kesempatan menjadi juara dunia di musim tersebut.

3. Memberikan Jari Tengah kepada Aleix Espargaro

Valentino Rossi

Rossi pernah membuat heboh dunia MotoGP karena kelakuan bandelnya yang memberikan jari tengah kepada Aleix Espargaro yang kala itu masih membela Suzuki. Momen itu pun terjadi di MotoGP San Marino 2016.

Rossi sendiri beralasan memberikan jari tengahnya kepada Espargaro karena saudara Pol Espargaro itu menghalangi jalurnya di sesi latihan bebas. Tak hanya sekali atau dua kali, tetapi cukup sering dan hal itulah yang membuat Rossi geram sampai kehilangan kendali dan mengeluarkan jari tengahnya di tengah balapan sesi latihan bebas tersebut.

2. Valentino Rossi Menendang Wanita di MotoGP Valencia 2016

Valentino Rossi

Aksi yang amat tak terpuji dari seorang Rossi pernah terjadi di MotoGP Valencia 2016, di mana ia kedapatan menendang seorang wanita yang berada di paddock Sirkuit Ricardo Tormo.

Kejadian bermula ketikaa Rossi sedang mengendarai skuter dan terhalangi oleh sekelompok fans yang sedang berkunjung ke paddock. Saat itu ada satu wanita yang tak melihat Rossi mendekatinya karena asyik berselfie dengan tongsisnya.

Rossi lantas terlihat seperti menendang wanita itu yang menghalangi jalannya. Rossi pun tanpa berkata-kata justru pergi begitu saja. Ketika insiden itu viral, Rossi pada akhirnya meminta maaf dan beralasan wanita menghalangi jalaannya.

1. Adu Jotos dengan Max Biaggi Usai Balapan

Max Biaggi vs Valentino Rossi

Rossi pernah terlibat insiden adu pukul dengan Max Biaggi. Insiden itu terjadi di MotoGP 2001 yang mana tahun keduanya ia di kelas utama. Saat itu Rossi memiliki persaingan yang panas dengan seniornya, Max Biaggi.

Insiden adu jotos pun bermula dari kejadian Biaggi yang menyikut Rossi hingga keluar lintasan di MotoGP Jepang 2001. Lalu suasana memanas di Catalunya 2001. Rossi kala itu tampil agresif hingga menyenggol Biaggi ketika balapan tersisa dua lap lagi.

Gara-gara senggolan itu Rossi merebut posisi pertama dan finis duluan, lalu diikuti Biaggi setelahnya. Usai balapan kedua pembalap saling beradu mulut hingga pukulan pun terjadi. Pihak panitia kala itu susah payah melerai Rossi dan Biaggi yang sedang tersulut emosi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini