Bellaetrix Manuputty: Peraih Emas SEA Games 2013 yang Tak Bisa Jauh dari Bulu Tangkis, Begini Kabarnya Sekarang

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 24 Agustus 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 24 40 2460244 bellaetrix-manuputty-peraih-emas-sea-games-2013-yang-tak-bisa-jauh-dari-bulu-tangkis-begini-kabarnya-sekarang-KFau3NI7AF.jpg Bellaetrix Manuputty bawa harum nama Indonesia di pentas SEA Games 2013. (Foto: Instagram/@manuputtybellaetrix)

MEMBICARAKAN atlet bulu angkis Indonesia, nama Bellaetrix Manuputty juga menarik untuk dibahas. Sebab, pebulu tangkis yang satu ini pernah membawa harum nama Indonesia di berbagai kompetisi bergengsi. Salah satunya adalah SEA Games 2013.

Kini, Bellaetrix Manuputty sudah tak bernaung di Pelatnas. Tetapi, serba-serbi soal kehidupannya tentu masih menarik untuk dibahas. Terlebih, atlet berparas cantik yang satu ini tetap tak bisa jauh dari dunia bulu tangkis.

Bellaetrix Manuputty

Dilansir dari laman resmi PBSI, perempuan yang akrab disapa Bella itu pertama kali masuk ke Pelatnas di Cipayung, Jakarta Timur, pada 2006, dan memperkuat PB Jaya Raya. Pebulu tangkis yang mengandalkan kekuatan tangan kanan itu turun pada sektor tunggal putri.

Walau sudah masuk sejak 2006, prestasi Bellaetrix Manuputty cenderung rata-rata air. Namanya baru melejit ketika berhasil menyabet medali emas SEA Games 2013 dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis untuk nomor tunggal.

BACA JUGA: Tony Gunawan sang Peraih Emas Olimpiade Sydney 2000 yang Sudah Pindah Kewarganegaraan, Begini Kehidupannya Sekarang

Prestasi itu lantas melambungkan peringkatnya pada ranking dunia versi BWF. Bellaetrix Manuputty menempati peringkat 22 pada Mei 2014, posisi tertinggi sepanjang kariernya di dunia tepok bulu.

BACA JUGA: Tepis Rumor Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya Bakal Dipisah, Herry IP: Minions Aman!

Penurunan prestasinya mulai terjadi saat mengikuti Piala Sudirman 2015. Ketika itu, Bellaetrix Manuputty mengalami cedera lutut di tengah turnamen. Cedera itu pula yang kemudian memaksanya gantung raket lebih cepat.

Bellaetrix Manuputty

Usai memutuskan pensiun dini, nama Bellaetrix Manuputty perlahan menghilang dari dunia bulu tangkis. Meski begitu, kecintaannya dengan dunia bulu tangkis membuatnya tak bisa jauh-jauh dari olahraga tepok bulu tersebut.

Hal itu bisa terlihat dari beragam unggahannya di akun Instagram pribadinya. Dia bahkan mencantumkan tulisan ‘Badminton Addict’ dalam profil Instagramnya.

Dalam unggahan itu, unggahannya kerap dihiasi beragam kegiatan Bellaetrix Manuputty di dunia bulu tangkis. Mulai dari bermain, memberi tips, hingga berfoto dengan beragam peralatan bulu tangkis yang dimilikinya menghiasi unggahan tersebut.

Bellaetrix juga terlihat masih aktif mengikuti perkembangan bulu tangkis Tanah Air. Kala ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020, dia mengunggah foto khusus untuk atlet tersebut.

Bellaetrix Manuputty

Unggahan itu tentu saja ditujukan untuk mengapresiasi dan memberi ucapan selamat kepada Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Kata-kata menyentuh pun dituliskan Bellaetrix dalam unggahannya.

“Bikin tegang, merinding, senang, sampai nangis. Kerja keras, pengorbanan, keringat, dan air mata, semua terbayarkan. Tuhan buat indah pada waktunya. GOD is sooo GOOD,” tulis Bellaetrix.  

“Kak Ge (Greysia) selalu jadi role model, jadi inspirasi, jadi kakak sejak aku baru masuk klub Jaya Raya, sampai aku di pelatnas. Semangat tinggi, disiplin, dan enggak pernah nyerah. Ya itulah Kak Ge. Di saat orang lain menyerah karena keadaan, karena cedera. Kak Ge buktiin kalo enggak ada yang mustahil,” lanjutnya.

Bellaetrix Manuputty

“Dan Apri, semangat luar biasanya benar-benar jadi contoh. Pokoknya kalian keren!!! Once again Congratssss Kak Ge dan Apriyani,” tutup tulisan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini