Jelang Turnamen Internasional Biliar di Las vegas, 4 Atlet Yunior Billiar Berlatih Keras

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 03 Agustus 2021 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 43 2450397 jelang-turnamen-internasional-biliar-di-las-vegas-4-atlet-yunior-billiar-berlatih-keras-8aWCT3FgeI.jpg Annabella Putri Yohana, salah satu atlet yang akan berlaga di Las Vegas. (Foto/PB POBSI)

JAKARTA - Empat atlet muda biliar sedang berlatih keras menjelang berlaga di Predator WPA World Junior Championships di Rio All-Suite Hotel & Casino, Las Vegas, Amerika Serikat pada 9-11 September 2021.

Keempat atlet muda itu, Derin Asaku Sitorus dari DKI Jakarta, Albert Januarta dari Kepulauan Riau, Brian Axel Ferdian dari Jawa Tengah dan Annabella Putri Yohana dari Jawa Timur.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Persatuan Olahraga Biliar Seluruh indonesia (POBSI), Achmad Fadil Nasution mengatakan, para atlet muda ini berlatih di daerah masing-masing dengan pemantauan dari pelatih nasional PB POBSI.

Baca juga: 4 Atlet Yunior Indonesia Bertanding di Turnamen Internasional Biliar di Las Vegas

“Dalam situasi PPKM ini atlet sementara berada di daerah masing-masing dalam pemantauan dan tetap berkordinasi dengan pelatih nasional dari PB POBSI. Seminggu menjelang keberangkatan PB POBSI akan melaksanakan pemantapan dengan pemusatan latihan penuh di Puslatnas POBSI,” kata Achmad Fadil Nasution dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (3/8/2021).

Derin Asaku Sitorus dari DKI Jakarta

Derin akan bertanding di nomor 9 Ball U16 Boys di turnamen di Las Vegas, Amerika Serikat ini. Derin mengaku yakin dapat memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia. Ia tetap berlatih serius di tengah keterbatasan akibat pandemi. Ia meminta dukungan dari masyarakat.

Baca juga: Batal Ikut Turnamen, Atlet Biliar Tetap Dukung PPKM Darurat

“Tetap berlatih di beberapa tempat biliar yang masih buka dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga berolahraga fisik. Latihan mandiri menjaga diri membatasi aktivitas di luar sesuai arahan PPKM pemerintah DKI. Yakin bisa memberikan yang terbaik semoga menjadi juara karena peluang di grup junior terbuka lebar siap bersaing” ujar Derin Asaku Sitorus.

Dani Sitorus orang tua dari Derin mengaku bangga dan siap memberikan dukungan moril dan materil kepada Derin.

“Perasaan saya sebagai orang tua Derin merasa sangat bangga atas kesempatan yang diberikan kepada anak saya membawa Merah Putih ke kancah international. Dukungan sebagai orang tua kasih sayang tenaga dan pikiran juga beserta materi dalam semua proses ini. Harapan adalah tercapai cita cita anak saya menjadi juara dunia billiar sebelum usia 20 tahun.”

Derin Asaku Sitorus meraih sejumlah prestasi, di antaranya Juara 1 Turnamen Bola 9 HC 4 POSH Tangerang, Juara 1 Turnamen Bola 9 HC 4 BALTIC Bekasi dan Juara 1 Turnamen Bola 9 HC4-5 POSH Tangerang.

Albert Januarta dari Kepulauan Riau

Albert juga akan turun di nomor 9 Ball U16 Boys. Ia mengatakan, selama pandemi terutama saat PPKM ini memang ada kendala dalam hal latihan. Tetapi ia diuntungkan karena orang tuanya memiliki rumah biliar sehingga bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk tetap berlatih secara rutin.

“Menghadapi kejuaraan ini saya mendapat latihan khusus dari pelatih yang memungkinkan saya bisa bermain maksimal pada saat kejuaraan dan porsi latihan yang lebih dari biasanya. Saya juga melakukan olahraga seperti jogging untuk membangun fisik saya agar bisa membantu performa saya pada saat kejuaraan nanti” kata Albert.

Albert Janurta adalah atlet biliar muda yang sudah malang melintang di berbagai kejuaraan. Ia menjadi Runner Up Pertandingan Handicap Di Galaxy Surabaya 2 juni 2021, Juara 3 Ball Handicap Bandung Open 1-13 juni 2021 dan Juara 3 handicap 5+ Rama Jogja 8-18 juni 2021.

Brian Axel Ferdian dari Jawa Tengah

Sama seperti dua rekannya, Brian juga akan berlaga di nomor 9 Ball U16 Boys. Ia mengatakan akan berusaha tampil maksimal di turnamen ini. Untuk itu, ia menyiapkan diri dengan berlatih mandiri di rumah, setiap hari dari jam 12 siang hingga jam 5 sore.

Ketua Pengprov POBSI Jawa Tengah, Willyanto mengatakan, Axel beruntug karena memiliki fasilitas latihan sendiri di rumahnya sehingga bisa tetap berlatih secara rutin di saat pandemi ini.

Ia yakin Axel akan tampil maksimal, tetapi ia tidak mau membuat target yang muluk-muluk karena ini adalah kali pertama Axel mengikuti turnamen internasional, sehingga bisa masuk 16 besar pun sudah bagus.

Annabella Putri Yohana dari Jawa Timur

Satu-satunya atlet biliar putri, Annabella akan turun di nomor 9 Ball U18 Girls. Ia mengatakan, kesempatan tidak datang dua kali. Ia berlatih terus, berdoa, dan pasrah akan hasil yang didapatkan nanti di turnamen ini. Namun ia menegaskan, pastinya ingin mendapatkan hasil yang terbaik, menjadi juara.

Foto/PB POBSI

“Jam latihan dilebihkan menjadi sehari 8 jam latihan, lebih disiplin dalam waktu dan latihan. Menjaga kesehatan, olahraga teratur, minum suplemen untuk menjaga imun tubuh dan latihan di karantina UNESA tetap berjalan dengan baik dan tetap latihan setiap hari kecuali hari Minggu Libur,” ujar Annabella Putri Yohana peraih Medali Perunggu di Par PON 2019.

Ketum Pengprov POBSI Jawa Timur, Pujo mengatakan, persiapan khusus berjalan sesuai dengan program dari pelatih Puslatda selama ini.

“Mungkin ada beberapa hal non teknis yang menyangkut dengan mental dan mindset atlet junior yang harus lebih ditingkatkan. Apalagi bertanding di luar negeri untuk yang pertama, pasti ada nervous yang harus jeli uuntuk dinetralisir oleh pelatih” demikian kata Pujo.

Pelatih PB POBSI Edy Hartono atau Coach Dino mengatakan, memang sejauh ini sedang dilakukan persiapan fisik, tetapi persiapan matang akan dilaksanakan menjelang keberangkatan.

“Sejauh ini memang sedang dilakukan beberapa persiapan baik fisik maupun teknik. Namun sejak pemberlakuan kebijakaan PPKM maka persiapan tersebut dilakukan secara mandiri. Dan mudah-mudahan satu minggu sebelum keberangkatan akan dilakukan persiapan bersama dengan catatan apabila PPKM sudah selesai” ujar Coach Dino.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini