Macam-Macam Beladiri dan Penjelasannya

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 43 2397990 macam-macam-beladiri-dan-penjelasannya-2C9iDCx1Mv.jpg Pencak Silat (Foto: Okezone/Dede Kurniawan)

MACAM-MACAM beladiri dan penjelasannya akan menambah wawasan Anda yang tertarik pada seni pertahanan diri. Sebagaimana diketahui, ada banyak beladiri yang berkembang di Indonesia, tetapi ada beberapa yang telah akrab dengan masyarakat.

Masyarakat bahkan telah mengenal beberapa beladiri itu saat masih duduk di bangku sekolah karena masuk ke dalam ekstrakulikuler. Berikut lima beladiri yang populer di Indonesia beserta penjelasannya.

5. Karate

Karate

Karate adalah seni beladiri yang berasal dari Jepang. Beladiri ini menitikberatkan kekuatan pada lengan dan tangan tanpa melupakan kaki saat melancarkan setiap jurunys. Karate memiliki beberapa aliran, yaitu Shotokan, Shito ryu, Goju ryu, dan Wado ryu.

Karate merupakan salah satu olahraga yang cukup akrab untuk masyarakat. Popularitas karate membuatnya menjadi salah satu ekstrakulikuler yang ada di sekolah. Selain di Indonesia, karate juga populer secara global.

4. Kung Fu

Kung Fu

Kung fu adalah beladiri yang berasal dari China. Beladiri ini menjadi populer di Indonesia karena film-film laga yang berasal dari China, Taiwan, Hong Kong, dan Macau.

Dalam film-film itu, para tokoh utama, yang diperankan Bruce Lee, Jackie Chan, dan Jet Li, menggunakan kung fu untuk mempertahankan diri. Popularitas kung fu pun meningkat di Indonesia seiring waktu berjalan. Sekadar informasi, terdapat banyak aliran dalam kung fu, seperti Ba ji quan, Shaolin do, Wing chun, Wudang, dll.

3. Taekwondo

Taekwondo

Taekwondo merupakan seni beladiri yang berasal dari Korea. Jika Karate menitikberatkan kekuatan pada lengan dan tangan, taekwondo menggunakan kaki sebagai senjata utamanya. Meski begitu, taekwondo tetap menggunakan tangan dalam setiap jurus-jurusnya.

Banyak orang Indonesia yang menyukai takwondo sehingga jumlah praktisinya makin bertambah setiap tahun. Beladiri ini akan melatih stamina, fleksibilitas, keseimbangan, serta kecepatan tubuh Anda.

2. Muay Thai

Muay Thai

Muay thai adalah seni beladiri dari Thailand yang tumbuh subur di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Alhasil, Anda dengan mudah dapat melihat tempat berlatih muay thai.

Muay thai menggunakan beberapa anggota tubuh sebagai senjata utama, seperti tangan, kaki, sikut, dan lutut. Beladiri ini cukup menguras fisik sehingga beberapa orang tidak hanya mempelajarinya untuk mempertahankan diri, tetapi juga guna menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

1. Pencak Silat

Pencak Silat (Foto: Okezone/Bagas Abdiel)

Pencak silat merupakan seni beladiri asli Indonesia yang memiliki banyak aliran karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Pencak silat merupakan primadona di Indonesia.

Pencak silat efektif digunakan mempertahankan diri jika berada dalam bahaya. Akan tetapipencak silat juga memiliki sisi indah karena setiap jurusnya tampak seperti tarian. Pencak silat kini mulai dikenal secara global berkat beberapa aktor laga tanah air menggunakannya dalam film-film internasional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini