5 Cara Memegang Bola Basket, Apa Saja?

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 36 2394662 5-cara-memegang-bola-basket-apa-saja-crYjRpVQBl.jpg Ilustrasi Basket (Foto: Istimewa)

CARA memegang bola basket ada lima teknik. Sebagai seseorang yang menggemari olahraga ini, tentu wajib untuk mengetahui bagaimana memainkan bola basket dengan baik dan benar.

Teknik memegang bola basket menjadi salah satu kunci agar pebasket bisa melakukan, lemparan, tangkapan, menembak atau men-dribble bola dengan baik. Lalu bagaimana cara yang benar dalam memegang bola basket tersebut?

Bola Basket

5. Bentuk Mangkuk Besar

Secara umum memegang bola basket adalah dengan membentuk tangan seperti mangkuk besar. Jika, ingin memegang bola basket dengan kedua tangan, pastikan telapak tangan membentuk seperti mangkuk besar.

Setelah posisikan tangan di samping bola dan sedikit ke belakang. Lalu jari-jari kedua tangan harus berada dalam keadaan yang berjarak. Sementara posisi ibu jari harus berada di paling dekat dari tubuh.

Baca juga 7 Teknik Dasar Shooting Bola basket, Apa Saja?

4. Taruh Jari Tangan di Jalur Bola

Pada bagian ibu jari, kita meletakkannya pada alur di bola yang membentang pada area tengah. Sementara empat jari lainnya bisa diletakkan di alur yang lain. Antara jari satu sama lain hendaknya diberi jarak, tetapi jangan terlalu lebar.

Baca juga Pengertian Jump Ball Dalam Bola Basket Beserta Penjelasannya

3. Gunakan Ibu Jari, Telunjuk, Jari Tengah dan Manis

Pastikan ketika memegang bola bahwa kita menggunakan ibu jari, telunjuk, tengah dan manis. Kunci agar bola basket tidak jatuh justru akan berkunci pada ujung-ujung jari. Hal itu akan memastikan bola tetap pada genggaman.

Karena itu, jangan heran juga jika telapak tangan tidak menempel pada bola. Justru inilah adalah cara memegang yang benar sehingga jangan takut ketika telapak tangan tak menyentuh bola.

2. Pegang Bola dengan Cara Meremas

Tak hanya penekanan pada ujung jari ketika memegang bola basket. Ada kalanya juga kita perlu meremas bola. Bahkan bagian ini juga bisa dijadikan untuk latihan agar kita memiliki kekuatan pada jari.

1. Pura-Pura Oper Bola

Aktivitas pura-pura mengoper bola akan melatih kita saat pegangan bola kurang pas. Karena itu, latihan pura-pura mengoper bola adalah cara yang tepat untuk menigkatkan pegangan bola basket di tangan.

Cara paling tepat dalam latihan ini adalah menggerekkan bola seperti hendk melempat. Akan tetapi, ujung-ujung jari kita tetap menempel pada bola untuk memberikan tekanan dan menahannya kembali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini