Grand Final Turnamen Biliar Hot Nine Pasti Seru, Apa Alasannya?

Bagas Abdiel, Jurnalis · Minggu 21 Maret 2021 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 43 2381479 grand-final-turnamen-biliar-hot-nine-pasti-seru-apa-alasannya-BTbuAabIxW.jpeg Angeline Ticoalu vs Fatrah Masum (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Turnamen biliar 9 ball Hot Nine yang dilaksanakan PB POBSI bersama iNews memasuki grandfinal, mempertemukan Angeline Ticoalu dan Fathrah Masum, 2 atlet berprestasi sekaligus andalan Indonesia sama-sama peraih medali Sea Games.

Pengamat olahraga biliar yang juga Sekretaris Jenderal PB POBSI, Robby Suarly memprediksi pertandingan grandfinal akan menjadi pertarungan seru karena mempertemukan 2 atlet berpengalaman, kaya prestasi dan sama-sama sedang dalam kondisi prima.

Grand Final Hot Nine

Roby menilai kedua atlet tampil sangat bagus dalam pertandingan semifinal tadi malam. Menurut dia, kunci kemenangan akan bisa terjadi dari beberapa hal. Break ... Run-out. Atlet yang melakukan break lebih baik akan menang. Ia menambahkan, grandfinal juga akan menjadi ajang untuk saling adu strategi, adu pengalaman, adu penguasaan pressure yang pasti akan tinggi.

“Angel di semifinal tampil di performa terbaiknya. Namun Fathrah juga tampil di semifinal dengan percaya diri yang tinggi walaupun dalam tekanan tinggi. Artinya dia telah belajar dulu untuk menghandle pressure. Kunci kemenangan akan tetap kembali dari pengalaman. Namun pertandingan rasanya akan ketat...dan mudah-mudahan ketat.”

Baca juga Angeline Ticoalu dan Fathrah Masum Melangkah ke Grand Final Hot Nine Minggu Malam

Di partai semifinal tadi malam Angel bermain sangat baik. Ia melakukan break dan langsung run-out untuk unggul 1-0 di game pertama. Game kedua, Tisa break, namun game ini dapat dimenangkan oleh Angel yang memanfaatkan kesalahan safety-shot Tisa di bola-3. Lalu game 3, Angel break dan run-out lagi untuk kemenangannya dengan skor 3-0.

Baca juga Kekuatan Setara, Semifinal Turnamen Biliar Hot Nine Pasti Seru

Skor 3-0 untuk Angel didapat dengan dua kali run-out atau break dan run out (run-out artinya ketika seorang pemain melakukan giliran break, lalu break-nya masuk dan kemudian melakukan clear table (menghabiskan bola) tanpa memberikan kesempatan kepada lawan untuk memukul pada game itu.

Robby Suarly mengatakan siapa pun akan sulit menang ketika seorang pemain lawan melakukan "perfect break" yaitu ketika giliran break, lalu selalu dapat melakukan Run-Out.

Fathrah juga pernah melakukan perfect-break ketika di babak perempat final Hot Nine melawan Annita Kanjaya. Fathrah saat itu juga dua kali melakukan break dan run-out.

Dalam pertandingan semifinal tadi malam meskipun mendapatkan perlawanan ketat, Fathrah terbukti bisa menguasai permainan, tetap tenang dan akhirnya mengalahkan Echa Sudarto dengan skor 3-2.

Fathrah Masum yang biasa dipanggil Ifath lahir di Jakarta 36 tahun lalu. Salah satu prestasi terbaik Ifath adalah meraih medali perak untuk nomor 9 ball double di Sea Games Filipina tahun 2019.

Angel atau lengkapnya Angeline Magdalena Ticoalu juga kaya prestasi. Atlet 37 tahun ini juga meraih medali di Sea Games Filipina ketika berpasangan dengan Silviana Lu.

Menurut pengamatan Robby Suarly, secara keseluruhan prestasi Angel di atas Fathrah. Tetapi pada saat ini kemampuan mereka sudah imbang. Ini yang akan membuat pertandingan grandfinal Hot Nine Minggu malam (21/3) akan berlangusng seru.

“Tetapi pada saat ini kemampuan mereka sudah imbang. Atau minimal satu dua tahun belakangan, kemampuan mereka sudah imbang. Atau dapat dikatakan Fathrah sedikit lebih menonjol.”

Saksikan Grandfinal Turnamen Biliar 9 Ball Hot Nine antara Angeline Ticoalu dengan Fathrah Masum pada Minggu, 21 Maret 2021 pukul 18.00 - 20.00 WIB di stasiun televisi milik MNC Group, iNews. Program yang dipandu oleh Rendra Soedjono dan Nova Elisa ini juga dapat diikuti melalui aplikasi RCTI+ dan www.rctiplus.com.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini