5 Pelanggaran dalam Bola Voli, Apa Saja?

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 09 Februari 2021 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 43 2359345 5-pelanggaran-dalam-bola-voli-apa-saja-EdVNhG6czd.jpg Sabina Altynbekova. (Foto: Instagram/@altynbekova_20)

PELANGGARAN dalam bola voli jadi hal yang wajib diketahui setiap individu yang ingin memainkan olahraga ini. Sebab, dengan memahami pelanggaran apa saja yang tak boleh dilakukan, merek bisa menampilkan permainan lebih baik lagi saat beraksi di pertandingan voli.

Setidaknya, ada lima pelanggaran yang perlu diketahui dalam olahraga voli. Tentu saja, kelima poin ini perlu diingat dan dihindari agar sang pemain tetap bermain dalam aturan yang tepat.

Sabina Altynbekova

Pelanggaran pertama adalah menyentuh bola lebih dari tiga kali. Sebagaimana diketahui, setiap pemain dalam olahraga voli hanya boleh menyentuh bola sebanyak satu kali dan setiap tim hanya dapat memainkan bola sebanyak tiga sentuhan.

BACA JUGA: Sabina Altynbekova, Pevoli Kazakhstan yang Sudah Cantik Juga Penyayang Keluarga

Kedua, pelanggaran yang tak boleh dilakukan seorang pemain dalam olahraga voli adalah seorang pemain menyentuh bola sebanyak dua kali secara beruntun. Sebagaiman dijelaskan sebelumnya, seorang pemain hanya boleh menyentuh bola sebanyak satu kali.

BACA JUGA: Nasihat Sabina Altynbekova untuk Para Wanita agar Tidak Minder

Pelanggaran ketiga adalah pukulan smash atau servis tidak melewati net. Dalam olahraga ini, bola yang di-smash atau servis harus melewati net. Jika tidak, hal itu akan menjadi sebuah pelanggaran.

Keempat, pemain melewati garis tengah ketika permainan berlangsung. Posisi pemain dalam olahraga voli juga penting untuk diperhatikan. Pemain harus tetap berada di posisi yang seharusnya.

Kelima atau yang terakhir adalah pemain keluar dari posisinya. Setiap pemain voli harus memerhatikan dengan baik posisinya saat menjalani setiap pertandingan. Seorang server atau pemain yang melakukan servis tidak boleh menginjak atau keluar garis pembatas daerah yang seharusnya untuk servis sebelum bola dipukul ke arah lawan.

Sabina Altynbekova

Selain itu, pemain juga tidak boleh berada di posisi yang seharusnya mereka tidak berdiri ketika server memukul bola. Pemain pada barisan belakang tim tidak boleh melewati garis serang dan melakukan block di dekat net.

Jika bisa memerhatikan dengan baik poin-poin tersebut, seseorang pasti bisa menjadi seorang pevoli yang andal. Mereka bisa mengikuti beberapa sosok pevoli yang sudah tersohor di dunia, salah satunya ialah Sabina Altynbekova yang namanya melambung saat membela Timnas Voli Kazakhstan di Kejuaraan Voli Junior Asia 2014 yang berlangsung di Taiwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini