Tragis, Aslam Khan Meninggal Dunia karena Adu Tinju dengan Lawan yang Tak Imbang

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 04 43 2356443 tragis-aslam-khan-meninggal-dunia-karena-adu-tinju-dengan-lawan-yang-tak-imbang-rnmE54Qffz.jpg Petinju asal Pakistan, Muhammad Aslam Khan. (Foto: Express)

KARACHI – Sampai saat ini masalah meninggalnya petinju asal Pakistan, Muhammad Aslam Khan masih terus dipantau. Aslam diduga meninggal karena adanya kelalaian dari pihak penyelenggara yang mengadakan duel antara Aslam dengan lawannya, yakni Wali Khan Tareen.

Pertarungan yang sebenarnya adalah sebuah laga amal itu berujung tragis karena Aslam meninggal dunia sehabis dibuat KO oleh Tareen pada Minggu 31 Januari 2021 kemarin. Banyak kejanggalan yang terjadi dalam pertarungan tinju itu, salah satunya adalah lawan Aslam yang tak seimbang.

Banyak petinju profesional seperti petinju top Pakistan, Mohammad Waseem dan petinju asal Inggris, Amir Khan merasa lawan yang dihadapi Aslam tak seimbang. Tareen dianggap memiliki beran badan yang berbeda cukup jauh dari Aslam.

Baca Juga: Gara-Gara Duel Ini, Tinju yang Awalnya 15 Ronde Kini Hanya 12 Saja

Momen Aslam dikalahkan Tareen

Tentunya, dalam dunia tinju lawan yang seimbang adalah hal yang mutlak. Karena itu dunia tinju dan seni bela diri lainnya terbagi ke berbagai kelas seperti kelas bulu, ringan, berat, dan masih banyak hal lainnya untuk membuat pertarungan yang adil.

Akan tetapi, dalam pertarungan amal antara Aslam vs Tareen itu, banyak yang merasa adu tinju itu tidak sah. Tareen yang dianggap memiliki berat badan lebih besar dari Aslam pada akhirnya mampu membuat sang lawan babak belur dan terkapar di atas ring.

Hal itulah yang dirasa Amir Khan dan Waseem menjadi penyebab utama mengapa Aslam bisa kehilangan nyawanya di sebuah acara tinju yang dikabarkan pun tak memiliki izin bertarung.

Jadi, banyak sekali hal yang mengganjal dalam pertarungan berdarah itu sampai-sampai tak ada pihak medis yang tersedia di pinggir ring ketika pertarungan tinju itu berlangsung.

“Dalam pertarungan tinju itu (Aslam vs Tareen), lawannya terlihat lebih berbobot (lebih berat) ketimbang sang almarhum,” ungkap Amir Khan, seperti yang diwartakan Urdupoint, Kamis (4/2/2021).

Muhammad Aslam Khan

“Di sini (tempat acara tinju Aslam Khan vs Tareen) siapa pun dapat membuat sendiri (acara tinju) dan menyelenggarakan acara profesionalnya sendiri. Itu adalah praktik yang sangat berbahaya,” sambung Waseem.

“Apakah orang-orang itu tahu apa arti dari petinju profesional? Apa mereka tahu peraturan dan apa yang dibutuhkan untuk melakukan semuanya?” tutup Waseem.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini