Bikin Bangga, 2 Karateka Cilik Indonesia Juarai Kejuaraan Tingkat Dunia

Cahyat Supriatna, Jurnalis · Sabtu 30 Januari 2021 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 30 43 2353678 bikin-bangga-2-karateka-cilik-indonesia-juarai-kejuaraan-tingkat-dunia-4ouZkbaU07.jpg Zahran Kautshar Fortius Kamarullah dan Zahira Auliyanisa Putri Kamarullah. (Foto: MNC Media)

BOGOR – Prestasi membanggakan diukir atlet Indonesia di kancah internasional. Kali ini, ada dua atlet cilik yang merupakan kakak beradik dari Cileungsi, Kabupaten Bogor, yang menorehkan prestasi manis dengan menjuarai kejuaraan karate tingkat dunia.

Mereka ialah Zahran Kautshar Fortius Kamarullah (10) dan Zahira Auliyanisa Putri Kamarullah (7). Kakak beradik yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu sudah memiliki segudang prestasi di usianya yang masih dini.

Zahran dan Zahira yang tinggal di Kampung Peundeuy, Desa Mampir, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu baru saja menambah deretan prestasinya. Mereka meraih juara umum pada ajang World Karate Championship yang digelar di Brasil.

Zahran Kautshar Fortius Kamarullah dan Zahira Auliyanisa Putri Kamarullah

Kejuaraan sendiri diselenggarakan secara virtual pada 2020. Pada ajang World Karate Championsip di Brasil itu, Zahran diketahui manyebet juara ketiga. Sementara itu, Zahira menduduki juara pertama dalam nomor kata prausia dini putri.

BACA JUGA: Melihat Pesona Maria Carolline, Karateka Cantik dari Brasil

Baik Zahran dan Zahira memang sudah begitu mahir dalam dunia karate. Keduanya sudah akrab dengan olahraga tersebut sejak usia empat tahun. Sederet foto dan dan medali kejuaraan yang telaih diraih oleh atlet kakak-beradik itu pun terpampang menghiasi dinding rumah mereka.

Begitu banyak kejuaraan dan kemenangan yang telah diraih oleh keduanya hingga sampai saat ini dapat meraih kejuaraan karate tingkat dunia. Zahran sendiri merupakan anak dengan usia termuda yang telah mencapai tingkatan sabuk hitam pada Inkado se-Indonesia sejak usia sembilan tahun.

Zahran dan Zahira mulai tertarik untuk berlatih karate sejak usia empat tahun dengan berawal dari sosok ayah yang sekaligus pelatih untuk mereka. Kondisi ini membuat Zahran dan Zahira menjadi lebih bersemangat dalam menggeluti dunia olahraga karate.  

“Sejak umur empat tahun (mulai menggeluti dunia karate) gara-gara ikut ayah ngajar, dari ikut-ikut kita ikut latihan,” ujar Zahran.

Zahran Kautshar Fortius Kamarullah dan Zahira Auliyanisa Putri Kamarullah

“Kami latihan selama sekira dua bulan. Kami latihan untuk pertandingan dunia di Brasil tahun 2020. Pelatih kita ayah kita sendiri. Latihannya seminggu bisa tiga kali,” tambah Zahira.

“Kalau cita-citaku (Zahran) bekerja menjadi TNI, kalau aku (Zahira menjadi) Polwan. Harapan ke depannya ya ingin terus berprestasi, membanggakan orang tua dan mengharumkan nama Indonesia,” tutup kakak beradik atlet cilik itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini