Presiden UFC Yakin Khabib Nurmagomedov Bertarung Lagi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 04:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 43 2312067 presiden-ufc-yakin-khabib-nurmagomedov-bertarung-lagi-p5HmK332s6.jpg Khabib Nurmagomedov berlatih dengan Javier Mendez (Foto: Twitter/@TeamKhabib)

LAS VEGAS – Comeback Khabib Nurmagomedov ke panggung Ultimate Fighting Championship (UFC) terus menjadi perbincangan. Presiden UFC, Dana White, yakin mantan petarungnya itu akan kembali masuk ring setelah menjalani tes.

Seperti diketahui, Khabib Nurmagomedov memutuskan untuk pensiun dari ajang UFC dan tarung gaya campuran (MMA) pada akhir Oktober 2020. Keputusan itu diambil usai menang atas Justin Gaethje pada UFC 254, 25 Oktober 2020 dini hari WIB, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Tentu saja, keputusan itu mengejutkan banyak pihak, salah satunya Presiden UFC Dana White. Pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu tidak yakin Khabib Nurmagomedov benar-benar ingin gantung sarung tangan.

Baca juga: Mural Wajah Khabib Nurmagomedov Jadi Korban Vandalisme

Khabib Nurmagomedov jalani tes

Sejumlah tanda kembalinya Khabib Nurmagomedov ke ring oktagon mulai terlihat. Salah satunya, pria berusia 32 tahun itu mengikuti program tes dari Badan Anti Doping AS (USADA). Menurut Dana White, buat apa ikut tes kalau tidak bertarung.

“Jika dia masih mengikuti tes, mengapa pula Anda ingin melakukan tes jika tidak ingin bertarung?” ujar Dana White dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari Russia Today, Kamis (19/11/2020).

“Dia belum menyatakan apa-apa, tetapi saya merasa dia akan kembali. Saya tidak benar-benar mendorongnya. Biarkan dia mengambil waktu untuk berpikir dan menghabiskan waktu bersama keluarga serta menikmati liburan,” lanjut pria berusia 51 tahun itu.

Sebetulnya, ada beberapa faktor yang bisa membuat Khabib Nurmagomedov kembali dari masa pensiun. Salah satunya adalah terkait wasiat mendiang ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov. Kemenangan atas Justin Gaethje itu membuat rekor sang petarung kini menjadi 29-0.

Abdulmanap Nurmagomedov pernah mengungkapkan keinginan agar putranya itu mencatat rekor 30-0 alias 30 pertarungan tidak terkalahkan sebelum pensiun. Karena hanya tinggal satu pertarungan lagi, maka Khabib Nurmagomedov diyakini akan kembali.

Faktor kedua adalah dorongan sang ibu, Patimat Nurmagomedova. Soal yang satu ini, masih ada hubungannya dengan wasiat Abdulmanap. Jika Patimat diberi tahu mengenai keinginan terakhir Abdulmanap soal rekor 30-0, ia pasti mengizinkan putranya bertarung lagi.

Dorongan dari Patimat tentu sangat penting. Sebab, sang ibu pula yang membuat Khabib Nurmagomedov akhirnya memutuskan pensiun. Patimat tidak ingin anaknya itu bertarung lagi tanpa pendampingan sang ayah, yang meninggal dunia pada Juli 2020 akibat komplikasi penyakit plus terjangkit Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini