Manajer Beri Kode Khabib Nurmagomedov Comeback dari Pensiun

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 43 2308240 manajer-beri-kode-khabib-nurmagomedov-comeback-dari-pensiun-yas7fZmIgu.jpg Khabib Nurmagomedov (Foto: Reuters/Christopher Pike)

LAS VEGAS – Manajer Khabib Nurmagomedov, Ali Abdelaziz, memberi kode bahwa The Eagle –julukan Khabib– mungkin kembali ke dalam oktagon meski baru mengumumkan pensiun. Kode itu ditunjukkan Abdelaziz melalui cuitannya di twitter, “30-0.”

Pemegang sabuk juara kelas ringan itu mengakhiri karier cemerlanganya di UFC 254. Lawan terakhir Khabib adalah Justin Gaethje, yang memegang sabuk juara kelas ringan interim, setelah mengalahkan Tony Ferguson.

Ali Abdelaziz (Foto: Twitter/@AliAbdelaziz00)

Pertarungan Khabib kontra Gaethje diprediksi akan berjalan ketat. Akan tetapi, Khabib mematahkan prediksi itu dengan aksinya di dalam oktagon. The Eagle –julukan Khabib– menghabisi Gaethje dengan teknik triangle choke pada ronde kedua.

Kemenangan itu memperelok catatan tidak terkalahkan Khabib jadi 29-0. Setelah kemenangan itu, Khabib memutuskan untuk mengantungkan sarung tangannya. Alasan utama Khabib adalah sang Ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal pada Jumat 4 Juli 2020.

BACA JUGA: Pesenam Cantik Rusia Sebut Kritik Khabib terhadap Macron Picu Tindak Kekerasan

“Saya tidak bisa bertarung tanpa ayah di dekat saya. Saya telah berjanji kepada ibu saya bahwa ini adalah yang terakhir. Saya menepati janji saya,” ujar Khabib, seperti yang dikutip MMA Fighting, Kamis (12/11/2020).

Khabib mungkin pensiun demi menghormati mediang ayahnya. Akan tetapi, keputusan itu juga bertentangan dengan keinginan Abdulmanap yang ingin sang anak mencatatkan rekor 30-0.

Presiden UFC, Dana White, pun melihat peluang Khabib kembali ke dalam oktagon demi mewujudkan keinginan sang ayah. White menilai keputusan Khabib pensiun dibuat dalam keadaan emosional sehingga masih mungkin berubah di masa depan.

White bahkan belum mencopot status juara kelas ringan dari Khabib meski The Eagle sudah pensiun. Ia yakin petarung asal Rusia itu akan kembali bertarung demi menggenapkan rekor kemenangannya jadi 30-0.

BACA JUGA: Khabib Kalah Hebat, Jon Jones Dianggap Lebih Pantas Sabet Status GOAT

“Dia (Khabib) sedang mempertimbangkan 30-0. Ayahnya menginginkan itu dan saya pikir dia sangat emosional (jelang UFC 254),” kata White.

“Karena campak atau apapun, jari kaki patah, dilatih dengan sepeda statis untuk pertarungan, kemudian masuk dan bertarung (dengan Gaethje). Saya pikir dia sangat emosional (saat memutuskan pensiun),” tuturnya.

“Dia masih juara. Tidak ada gelar kosong yang dibuka sekarang atau tidak ada juara interim. Dia sang juara dan kami akan memberinya waktu untuk memikirkan apa yang ingin dia lakukan,” ucap Dana White.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini