Khabib Selalu Peluk Lawannya Setelah Berduel, McGregor Jadi Pengecualian

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 43 2301273 khabib-selalu-peluk-lawannya-setelah-berduel-mcgregor-jadi-pengecualian-w0kEwh50qX.JPG Khabib Nurmagomedov (Foto: Twitter UFC)

DAGESTAN – Khabib Nurmagomedov adalah sosok petarung yang sangat menghargai lawan-lawannya. Terbukti, setiap kali selesai bertarung, Khabib selalu memeluk lawan yang dihadapinya sebagai bentuk penghargaan dan sportivitas.

Khabib seolah ingin menunjukkan bahwa duel-duel yang dijalani para petarung adalah murni sebagai bagian dari olahraga, bukan karena adanya perselisihan atau dendam tertentu. Maka dari itu, setelah pertarungan berakhir, maka selesai juga masalah di antara mereka.

Pada pertarungan terakhirnya sebelum memutuskan pensiun, yakni menghadapi Justin Gaethje, Khabib tertangkap kamera kembali melakukan kebiasaannya tersebut. Ia memeluk petarung berkebangsaan Amerika Serikat itu sambil mengatakan sesuatu.

Baca juga: Khabib Nurmagomedov, Petarung Muslim Pertama yang Menjuarai UFC

View this post on Instagram

Уважение превыше всего.

A post shared by Khabib Nurmagomedov (@khabib_nurmagomedov) on

Kendati demikian, nyatanya ada satu petarung yang tidak dipeluk Khabib selepas berduel. Sosok tersebut adalah Conor McGregor yang dihadapi Khabib dalam gelaran UFC 229 yang dihelat 6 Oktober 2018.

Sejak sebelum pertarungan, Khabib sejatinya sudah dibuat emosi oleh McGregor. Berniat melakukan psywar sebagaimana menjadi ciri khas McGregor, namun petarung berjuluk The Notorious itu justru dianggap menghina keluarga dan negara Khabib.

Tak hanya McGregor, rekan-rekan The Notorius pun berulang kali membuat ulah dengan Khabib. Seperti yang dilakukan Dillon Danis. Saat Khabib dan McGregor tengah bertarung di oktagon, Danis terus mengeluarkan ujaran yang mengejek keluarga serta negara The Eagle.

Tak ayal, begitu McGregor sudah dibuat terkapar di atas oktagon, Khabib langsung menuju kerumunan untuk menyerang Danis. Pelukan hangat yang selama ini diberikan Khabib untuk lawan-lawannya menjadi tak berlaku bagi terhadap McGregor.

Pertarungan UFC 229 itu sendiri berakhir dengan kerusuhan. Karena rekan-rekan Khabib juga ikut bentrok dengan kubu McGregor. Pihak UFC pada akhirnya menjatuhi hukuman kepada Khabib, McGregor, dan orang-orang yang terlibat dalam kerusuhan tersebut dengan denda dan skors.

Khabib Nurmagomedov vs Conor McGregor

Setelah masa skors berakhir, McGregor berulang kali mengajak Khabib kembali berduel. Akan tetapi, ajakan tersebut selalu mendapat penolakan dari The Eagle.

Alasannya bukan karena Khabib takut kalah dari McGregor. Namun, The Eagle sudah malas menghadapi petarung yang dinilainya tidak memiliki rasa hormat terhadap lawannya seperti McGregor. Hingga kemudian Khabib pun pensiun dan duel melawan McGregor jilid 2 tak pernah terwujud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini