Kalahkan Gaethje, Khabib Nurmagomedov Terima Bayaran Fantastis

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 43 2300043 kalahkan-gaethje-khabib-nurmagomedov-terima-bayaran-fantastis-RB4IlLAr3y.jpg Khabib Nurmagomedov meluapkan perasaan usai menang (Foto: Twitter/@UFC)

ABU DHABI – Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC), Khabib Nurmagomedov, bakal menerima bayaran selangit usai mengalahkan Justin Gaethje. Pria asal Rusia itu diperkirakan meraup USD6 juta (setara Rp88,2 miliar) di luar bonus.

Sebagaimana diketahui, Khabib Nurmagomedov sukses memaksa Justin Gaethje untuk menyerah pada ajang UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu 25 Oktober 2020 dini hari WIB. Kemenangan itu menggenapkan rekornya di kelas ringan menjadi 29 pertarungan tanpa kalah.

Dilansir dari Russia Today, Selasa (27/10/2020), kemenangan itu sekaligus bakal mempertebal kocek Khabib Nurmagomedov. Ia diperkirakan meraup bayaran hingga USD6 juta. Nominal tersebut ditambah bonus sebesar USD90 ribu (setara Rp1,32 miliar).

Baca juga: Khabib Dinilai Terlalu Cepat Akhiri Karier di UFC

Khabib Nurmagomedov berhasil memaksa Justin Gaethje menyerah (Foto: Twitter/@UFC)

Tentu saja, itu belum final. Sebab, masih ada bayaran dari hak komersial pay per view seperti yang diutarakan oleh Presiden UFC, Dana White. Namun, berapa nominal pastinya belum diketahui. Paling tidak, angka USD6 juta sudah menyamai bayarannya ketika mengalahkan Dustin Poirier tahun lalu.

Angka tersebut melebihi bayaran kepada Conor McGregor yang sebelumnya menjadi rekor UFC. Petarung asal Republik Irlandia itu dibayar masing-masing USD3 juta (setara Rp44,1 miliar) ketika kalah dari Khabib pada Oktober 2018 dan saat menang melawan Donald Cerrone awal 2020.

Sementara itu, Justin Gaethje menerima bayaran sebesar USD400 ribu (setara Rp5,88 miliar) dari UFC 254. Bayaran tersebut jelas terpaut jauh dari yang diterima Khabib Nurmagomedov. Itu berarti, The Eeagles membawa pulang minimal USD12 juta (setara Rp176 miliar) dari dua pertarungan terakhirnya.

Tingginya bayaran yang diterima Khabib Nurmagomedov sekaligus mengakhiri spekulasi soal kembali dari masa pensiun. Ya, petarung berusia 32 tahun itu sudah menyatakan gantung sarung tangan setelah mengalahkan Justin Gaethje.

Tekad Khabib Nurmagomedov untuk pensiun semakin bulat setelah berdiskusi dengan sang ibunda. Menurut pengakuannya, sang ibu tidak setuju jika dirinya terus bertarung tanpa kehadiran ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah. Ketika UFC mendekati saya untuk pertarungan melawan Justin, saya berbicara dengan ibu selama tiga hari,” ucap Khabib Nurmagomedov, dikutip dari TalkSport.

“Dia tidak mau saya bertarung tanpa kehadiran ayah. Lalu saya bilang ini pertarungan terakhir, dan saya sudah memenuji janji itu,” tukas pria asal region Dagestan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini