Cerita Khabib Nurmagomedov Perjuangkan Islam dan Didikan sang Ayah

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 04:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 43 2299428 cerita-khabib-nurmagomedov-perjuangkan-islam-dan-didikan-sang-ayah-6TulGLcoZG.jpg Khabib Nurmagomedov bersama dengan sang ayah (Foto: Instagram Khabib Nurmagomedov)

ABU DHABI – Khabib Nurmagomedov telah memutuskan pensiun dari dunia pertarungan Mixed Martial Arts (MMA). Pengumuman ini dibuat setelah Khabib dinobatkan sebagai pemenang UFC 254 dan mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan miliknya.

Tak ayal, Khabib pun kini disebut sebagai petarung MMA terbaik yang pernah ada. Karena, sepanjang berkarier di dunia MMA, petarung berjuluk The Eagle itu telah melakoni 29 pertarungan dan selalu berhasil meraih kemenangan.

Khabib sendiri sebenarnya bukan hanya dikenal karena ketangguhannya di atas oktagon. Ia adalah salah satu atlet Muslim yang tak ragu menunjukkan identitasnya sebagai seorang pemeluk agama Islam yang taat.

Baca juga: Presiden UFC Yakin Khabib Tidak Akan Kembali dari Masa Pensiun

Khabib Nurmagomedov bersama sang ayah

Dalam banyak kesempatan, Khabib telah menunjukkan jati dirinya sebagai seorang Muslim, baik melalui perkataan maupun perbuatan. Salah satu contohnya adalah ketika ia melakukan sujud syukur setiap habis bertanding.

Sosok Khabib yang relijius itu pun tak ayal menggetarkan hati banyak orang, baik itu bagi sesama Muslim maupun pemeluk agama lain. Bisa dibilang, Khabib membuat citra umat Muslim semakin terangkat di dunia olahraga.

Tentu sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak orang yang masih mengidap Islamphobia di seluruh dunia. Maka dari itu, Khabib datang ke dunia pertarungan MMA sambil membawa misi untuk menghapuskan pandangan miring mengenai Islam tersebut.

Kini, dampak yang diberikan Khabib selama berkarier di dunia olahraga MMA bisa dibilang sudah sangat besar. Banyak orang menjadi lebih menghargai agama Islam setelah melihat bagaimana Khabib bersikap dan berjuang.

Khabib sendiri sudah dari kecil didik untuk menjadi seorang petarung. Adalah sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang mendidik Khabib secara langsung. Tidak hanya itu, Abdulmanap juga mengajarkan nilai-nilai kesilaman kepada Khabib.

Bisa dibilang, Khabib sangat dekat dengan ayahnya tersebut, bahkan hingga ia menjadi juara dunia. Itulah mengapa Khabib sangat berduka ketika sang ayah meninggal dunia pada Juli 2020 setelah sempat mengidap Virus Corona (Covid-19).

Khabib Nurmagomedov

Pensiunnya Khabib dari dunia MMA pun tak lepas dari meninggalnya sang ayah. Karena, kini Khabib hanya memiliki satu orang tua, ibunya, dan ia ingin membahagiakannya selagi masih diberi kesempatan.

"Ketika ALLAH bersama Anda, tidak ada yang bisa menghancurkan Anda. Tidak ada. Terima kasih ayah untuk segalanya, Engkau mengajar sepanjang hidup saya, semoga ALLAH menganugerahkan surga yang tertinggi untukmu," tulis Khabib di akun Instagram pribadinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini