nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terdampak Karhutla, Menpar: Tour de Siak 2019 Terancam Batal

Kuntadi, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 19:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 18 43 2106479 terdampak-karhutla-menpar-tour-de-siak-2019-terancam-batal-Ci72GZUH9h.jpg Tour de Siak 2017 (Foto: Okezone/Banda Haruddin Tanjung)

KULONPROGO – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah membuat kabut asap mengepung Kalimantan dan Sumatera. Kondisi ini menjadi salah satu hambatan dalam pengembangan pariwisata. Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, minta agar beberapa promosi yang terdampak kabut asap untuk diturunkan dulu.

“Ini (Karhutla) bencana dan kita sudah umumkan, jika disana ada kebakaran,” jelas Arief Yahya saat Fokus Group Discoussion Satu juta wisatawan mancanegara ke Destinsi Super Prioritas Bobobudur melalui Pengambangan Aksesibilitas bandara YIA, di Terminal Penumpang Bandara YIA, Rabu (18/9/2019).

Atas kondisi ini, Kementerian telah meminta semua promosi wisata di kawasan yang terapar kabut asap untuk diturunkan. Jangan sampai promosi digenjot, tetapi wisatawan tidak bisa datang. Jika tidak dibatalkan maka wisatawan kemungkinan besar jadi tidak nyaman sehingga memberikan kesan miring atas kondisi wisata.

BACA JUGA: Pembalap Australia Kuasai Etape I Tour de Siak 2018

Menpar menilai Karhutla juga mengancam event wisata Tour de Siak 2019. Jika kondisi tidak memungkinkan, lebih baik ditunda atau dibatalkan.

“Kalau kondisinya tidak memungkinkan Tour de Siak harus dibatalkan atau diundur,” ujarnya.

Sementara Dirut PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, untuk penerbangan yang dikelola Angkasa Pura I tidak banyak terpengaruh. Jika ada juga tidak begitu signifikan.

“Dampak tidak begitu signifikan,” jelasnya.

Meski begitu dampak kabut asap dari Karhutla ini menjadikan beberapa penerbangan dari dan ke Yogyakarta dengan tujuan Palangkaraya serta Samarinda terpaksa ditunda atau dibatalkan. Semua itu dikarenakan kabut asap yang menyebabkan jarak pandang jadi sangat terbatas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini