nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

400 Atlet dari 13 Negara Ikuti Kejuaraan Internasional Tapak Suci di Solo

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 18:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 16 43 2079745 400-atlet-dari-13-negara-ikuti-kejuaraan-internasional-tapak-suci-di-solo-enFzlgIOvY.jpg Suasana konferensi pers Kejuaraan Silat Tapak Suci. (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO -Kejuaraan Internasional Tapak Suci I rencananya akan digelar di Solo, Jawa Tengah pada 1 - 5 September 2019, di GOR Sritex Arena Solo. Kompetisi itu bakal diikuti perwakilan dari 13 negara.

13 negara yang berpartisipasi itu diantaranya adalah Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Jerman, Tunisia, Maroko, Belanda, Malaysia, Libanon dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Pemilihan kota Solo sebagai lokasi kejuaraan Tapak Suci itu tidak terlepas dari sejarah awal perkembangan olah raga pencak silat di tanah air.

Di mana Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang merupakan induk dari olah raga pencak silat ini pertama kali didirikan di kota Solo, 18 Mei 1948.

Ketua Panitia, Wiwoho Aji Santoso, mengatakansetidaknya event perdana ini diikuti sekitar 400 sampai 450 atlet dari berbagai negara untuk memperebutkan Piala M Barrie Irsyad.

"Para pesilat ini akan bertanding di 18 nomor kategori olah raga (tanding) dan 16 nomor seni pada kejuaraan Tapak Suci dunia yang baru pertama kali pertama digelar," jelas Wiwoho, Selasa (16/7/2019).

Ketua Umum PP Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Muhammad Afnan Hadikusumo menambahkan ajang kejuaraan Tapak Suci Internasional tersebut memperebutkan Piala Bergilir M Barrie Irsyad. Seperti diketahui, M Barrie Irsyad merupakan pendiri perguruan silat Tapak Suci.

"Piala ini menjadi satu penghormatan atas jasa beliau berjasa dalam pengembangan jurus-jurus silat di perguruan Tapak Suci," imbuhnya.

Ditambahkan pelatih nasional pencak Silat Tapak Suci, Roni Syaifullah, nantinya dalam pertandingan tersebut tiga atlet nasional Tapak Suci yang sudah masuk dalam Pelatnas akan berpartisipasi. Diantaranya Iqbal Chandra Pratama, Nadia Haq Umami dan Bimo Aryo.

"Keikutsertaan ketiganya juga sebagai ajang pemanasan sebelum bertanding dalam SEA Games Filipina 2019," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini