nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Balapan Lebih Seru, F1 Diminta untuk Kurangi Downforce

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2019 12:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 10 37 2002482 ingin-balapan-lebih-seru-f1-diminta-untuk-kurangi-downforce-6SyXN34vCp.jpg para pembalap F1 2018 (Foto: REUTERS)

FAENZA – Bos Scuderia Toro Rosso, Franz Tost, mengomentari penurunan aksi salip-menyalip yang terjadi di kejuaraan dunia Formula One (F1), khususnya di musim 2018. Tost pun menyarankan agar FIA selaku panitia F1 untuk membuat kebijakan mengenai penurunan downforce, agar balapan F1 lebih seru lagi.

Sebagaimana diketahui pada musim 2017, F1 memang melahirkan mobil generasi teranyar dengan downforce yang sangat tinggi demi menghasilkan mobil tercepat dalam sejarah kejuaraan dunia. Namun, hal itu memberikan dampak lain dalam persaingan di F1.

loading...

F1 2018

Ya, mobil-mobil generasi baru tersebut justru membuat para pembalap kesulitan untuk melakukan aksi salip-menyalip. Maka dari itu, Tost pun berharap FIA menurunkan downforce setidaknya hingga 40% demi menghasilkan balapan yang lebih menarik lagi disaksikan.

Baca Juga: Toro Rosso Rekrut Pembalap Thailand untuk F1 2019

“Kami memiliki begitu banyak downforce, yang berarti, di tikungan berkecepatan tinggi, tidak ada yang bisa menempel mobil di depannya karena ada udara kotor. Titik pengereman pun juga tidak ada. Jadi bagaimana Anda bisa menyalip?,” jelas Tost, seperti dikutip dari Motorsport, Kamis (10/1/2019).

F1 2018

“Menurut saya, minimal harus dikurangi 40-50 persen dari jumlah downforce sekarang, sehingga mobil lebih goyah di tikungan. Dengan begitu, kita akan melihat pembalap harus berjibaku dengan mobil mereka,” sambungnya.

“Mobil akan jauh lebih kencang di trek lurus, jadi Anda bisa dapat peluang untuk menyalip. Anda juga bisa menempel mobil di depan saat melewati tikungan. Perubahan ini sebenarnya mudah untuk diwujudkan, tinggal apakah mereka (FIA) mau atau tidak?,” tuntas pria asal Austria tersebut.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini