nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Badai Bulutangkis Malaysia Belum Berlalu

Randy Wirayudha, Jurnalis · Rabu 31 Desember 2014 15:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 31 40 1086262 badai-bulutangkis-malaysia-belum-berlalu-DBKkWHzyO5.jpg Wakil Presiden BAM, Datuk Norza Zakaria (kanan) (Foto: Olivia Harris/REUTERS)

KUALA LUMPUR – Awan mendung masih menaungi bulutangkis negeri jiran, Malaysia. Setelah diterpa skandal doping Lee Chong Wei, satu per satu pebulutangkis andalan meninggalkan pelatnas BAM (federasi bulutangkis Malaysia).

Salah satu pemain ganda putri top Malaysia, Ng Hui Lin, dikabarkan hengkang dari pelatnas dengan alasan buruknya program sepanjang tahun 2014. Memang, dari beragam turnamen tahun ini, Malaysia gagal pamer taji dengan merebut gelar.

Wakil Presiden BAM, Datuk Norza Zakaria, sempat mencoba menahan Hui Lin, tapi pebulutangkis berusia 25 tahun itu tetap membulatkan tekad angkat kaki dari pelatnas Malaysia.

Ng Hui Lin (kanan) hengkang dari pelatnas Malaysia

“Tahun ini memang tidak bagus buat kami, tapi kami berharap para pemain tetap bersabar dan bekerja sama dengan kami. Kami paham bahwa Hui Lin mulai tak kerasan, tapi seandainya saja dia bisa lebih sabar,” ujar Norza.

Badai dalam bulutangkis Malaysia juga diperparah dengan kondisi regenerasi yang buruk. So far, tak muncul beberapa nama muda yang dianggap bisa jadi suksesor, terutama di sektor tunggal putra yang selama ini selalu didominasi Chong Wei seorang.

“Kami masih menangani masalah doping Lee Chong Wei dan kami berusaha sebaik mungkin membersihkan namanya. Kami juga tak punya suksesor di tunggal putra dan kami tak mampu meraih gelar besar apapun,” lanjutnya kepada The Star, Rabu (31/12/2014).

“Negara lain seperti India dan Thailand sudah melakukan hal yang lebih baik dari kami. Kami harus serius untuk membangkitkan citra kami dalam bulutangkis jika tak ingin tertinggal,” imbuh Norza lagi.

Ketika negara-negara lain seperti Indonesia sudah mulai mengumpulkan staf pelatih dan pemain untuk pelatnas 2015, Malaysia masih terbilang tertinggal jadi jadwal. Saat ini, BAM baru menggaet direktur teknik baru dari Denmark, Morten Frost, sebagai agenda awal pembentukan pelatnas tahun depan.

“Kami sadar bahwa kami kekurangan pemain muda dan kami sudah mempekerjakan Morten. Semoga dia bisa melihat lebih detail program-program pelatihan. Dia akan diberi wewenang penuh untuk menangani pelatnas,” tuntas Norza.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini