nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhir dari Enam Tahun Kejayaan Chong Wei

Reza Jailani, Jurnalis · Kamis 25 Desember 2014 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 12 25 40 1083780 akhir-dari-enam-tahun-kejayaan-chong-wei-7zzosq2u6X.jpg Chen Long (kiri) mematahkan dominasi enam tahun Lee Chong Wei (Foto: AFP)

SINGGASANA tunggal putra bulutangkis dunia kini sudah berganti. Setelah selama enam tahun terakhir menjadi penguasa tunggal putra dunia, kini kursi singgasana itu bukan lagi menjadi milik pebulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei.

Sebelum kokoh sejak 2009, Chong Wei sudah lebih dahulu berada di urutan teratas pada 2006, namun di tahun yang sama prestasinya menurun dan kehilangan mahkotanya. Keputusannya menunjuk Yap Kim Hock sebagai pelatih berbuah hasil tiga tahun berselang dengan kembali memuncaki peringkat dunia.

Namun, kini karier Chong Wei berada di ujung tanduk setelah dinyatakan positif menggunakan doping. Ia diketahui menggunakan zat Dexamethasone saat mengikuti kejuaraan dunia di Kopenhagen, Denmark pada Agusutus 2014 lalu dan terancam tak bisa berlaga selama dua tahun.

Sedangkan bagi pebulutangkis asal China, Chen Long, ini adalah kali pertamanya menduduki puncak singgasana bulutangkis dunia. Kemenangannya di BWF Superseries Finals 2014 membuat perolehan poinnya bertambah menjadi 90.001 sekaligus melewati poin milik Chong Wei dengan 84.631.

Dalam pegelaran BWF Superseries Finals, Chong Wei absen karena harus menjalani proses hukuman yang ia dapat setelah mengonsumsi zat terlarang itu.

Dengan pencapaian Chen Long saat ini, semakin mengukuhkan dominasi China di ajang bulutangkis dunia. Tercatat empat wakil China menduduki peringkat teratas dari lima kelas yang ada yaitu Li Xuerui (tunggal putri), Tian Qing/Zhao Yunlei (ganda putri), Zhang Nan/ Zhao Yunlei (ganda campuran).

Praktis hanya ganda putra yang tidak dikuasai oleh Negeri Tirai bambu dengan menempatkan pasangan asal Korea Selatan, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong di puncak peringkat.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini