Share

Maju Lagi dalam Pencalonan Ketum KOI, Raja Sapta Oktohari Janji Bakal Pecahkan Rekor Emas Olimpiade

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Jum'at 26 Mei 2023 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2023 05 26 43 2820773 maju-lagi-dalam-pencalonan-ketum-koi-raja-sapta-oktohari-janji-bakal-pecahkan-rekor-emas-olimpiade-d46dKkM29K.jpg Raja Sapta Oktohari calonkan diri lagi sebagai Ketum KOI (Foto: MPI)

MAJU lagi dalam pencalonan Ketum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari janji bakal pecahkan rekor emas Olimpiade. Hal itu bisa diwujudkan pada Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Pemilihan Ketua Umum (Ketum) KOI periode 2023-2027 akan digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, pada 30 Juni 2023 mendatang. Selain pemilihan Ketum, itu juga menjadi kesempatan pemilihan Waketum dan juga Komite Eksekutif untuk masa jabatan hingga empat tahun ke depan.

Raja Sapta Oktohari

Sejauh ini, Tim Verifikasi menyampaikan 66 dari 67 Federasi Nasional anggota KOI memiliki hak suara dalam kongres tersebut. Satu federasi yang masih ditangguhkan adalah Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) karena masih harus memenuhi persyaratan administrasi keanggotaan hingga batas akhir pada 30 Mei.

Sementara batas pendaftaran bagi para calon Ketum, Waketum dan Komite Eksekutif adalah hingga 16 Mei. Setelah itu, barulah diketahui siapa saja nama-nama yang mendaftar untuk kepengurusan KOI Periode 2023-2027.

Okto mengonfirmasi bahwa dirinya bakal maju lagi sebagai Ketum KOI periode terbaru. Namun, dia enggan untuk membeberkan wakilnya.

“Inshaallah daftar (jadi ketum NOC lagi). Sudah ada (waketum), tinggal tunggu aja. Nanti jadi enggak kejutan kalau dikasih tau (siapa wakilnya). Yang pasti di NOC adalah orang-orang yang punya passion besar di olahraga,” kata Okto kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di kantor KOI, Senayan, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Okto percaya diri bahwa dirinya bisa mempertahankan jabatannya dalam pemilihan nanti. Yang pasti, dia akan menerima hasil apa pun yang terjadi dalam kongres nanti.

“Pilihan adalah hak voters. Yang pasti ini bukan perlombaan untuk rebut jabatan. Tapi kalau memang selama ini masih diperlukan tentunya kepercayaan itu menjadi amanah buat saya. Kalau nggak ya nggak bisa dipaksakan. Bismillah,” ucap pria berusia 47 tahun itu.

Okto mengklaim bahwa cita-citanya masih belum terwujud semasa menjadi Ketum KOI periode 2019-2023. Ternyata, dia berambisi untuk membantu Indonesia memecahkan rekor emas terbanyak yang mereka raih di ajang Olimpiade pada edisi Paris 2024 mendatang.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saya ingin dapat medali emas terbanyak selama indonesia ikut Olimpiade. Dan saya yakin di Paris 2024 jumlah kualifikasinya bertambah, dan emasnya bertambah,” jelas Okto.

Raja Sapta Oktohari

“Di atas kertas, indonesia memungkinkan dapat dua emas. Kalau kita bisa dapat 3 emas itu sudah rekor baru untuk kita,” tambahnya.

“Angkat besi punya potensi karena Rahmat angkatannya sudah jadi rekor dunia. Panjat tebing kita punya, bulutangkis kita cukup percaya diri, surfing mudah-mudahan bisa masuk, panahan juga masih percaya diri karena sangat serius. Saya kira pasti banyak kejutan di Paris 2024,” tuturnya.

Rekor terbanyak Indonesia meraih emas dari Olimpiade adalah dua buah, yang kala itu dicatatkan pada Olimpiade Barcelona 1992. Kedua emas tersebut dipersembahkan dari cabor bulu tangkis oleh Susi Susanti di nomor tunggal putri dan tunggal putra Alan Budikusuma.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini