Share

Sejarah Permainan Bola Kasti

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Minggu 22 Januari 2023 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 21 43 2750771 sejarah-permainan-bola-kasti-VNeNn62HfZ.jpg Ilustrasi sejarah permainan bola kasti (Foto: Freepik)

SEJARAH permainan bola kasti akan diulas dalam artikel ini. Permainan bola kasti merupakan salah satu olahraga yang dimainkan di lapangan secara berkelompok.

Permainan bola kasti tergolong sebagai permainan bola kecil. Adapun cara bermain bola kasti dimainkan dengan menangkap, memukul dan melempar bola.

 Bola Kasti

Permainan bola kasti dapat kita lakukan secara berkelompok dengan berisi 12 orang. Biasanya, permainan ini dilakukan di atas permukaan lapangan rumput.

Selain menjadi permainan yang menyenangkan, bola kasti pun merupakan olahraga yang menuntut kejarsama antar pemain. Maka dari itu, dibutuhkan keterampilan dan teknik-teknik untuk menyelesaikan permainan ini.

Sejarah Bola Kasti

Pada sebuah buku “A Little Pretty Pocket Book” (1744) oleh John Newbery, permainan bola kasti ini sudah dimainkan di Inggris sejak era Tudor. Itu terjadi sekira tahun 1485-1603.

Dasarnya, permianan bola kasti ini mirip dengan baseball. Hanya saja, permainan bola kasti diketahui lebih dulu ditemukan sebelum baseball.

BACA JUGA:Jumlah Pemain Bola Kasti dan Deretan Penjelasan Mengenai Tugasnya 

Kemudian, pada tahun 1828, penulis bernama William Clark di London menulis jilid kedua buku yang bertema The Boy’s Own Book. Isi buku tersebut, dikatakan panduan permainan bola kasti dan diterbitkan pertama kali dalam bahasa Inggris.

Follow Berita Okezone di Google News

Lalu, pada tahun 1943 terciptalah National Rounders Association di Britania Raya untuk menjaga olahraga permainan bola kasti. Kehadiran asosiasi itu membuat permainan bola kasti menjadi terkenal di Britania Raya.

Permainan Bola Kasti

Di negeri Ratu Elizabeth itu, permainan bola kasti telah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Ada yang mengungkapkan bahwa permainan kasti sudah dilakukan oleh masyarakat sejak era kerajaan.

Sementara perkembangan permainan bola kasti di Indonesia, tampaknya dipengaruhi oleh kolonialis Eropa saat zaman penjajahan. Mereka membawa permainan bola kasti ke Indonesia. Sampai saat ini permainan bola kasti di Indonesia cukup berkembang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini