Share

6 Tips Memilih Raket Bulu Tangkis

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Sabtu 10 Desember 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 10 40 2724512 tips-memilih-raket-bulutangkis-1mhHyoFSzc.jpg Gregoria Mariska Tunjung, salah satu atlet bulutangkis Indonesia (Foto: PBSI)

TIPS memilih raket bulu tangkis akan dibahas pada artikel kali ini. Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang paling diminati selain sepakbola.

Olahraga bulu tangkis dapat dilakukan dengan mudah, sebab kita membutuhkan gedung olahraga, kok serta raket bulu tangkis.

Apriyani Rahayu/Siti Fadia

Agar dapat bermain secara maksimal dan nyaman kita harus pintar tips memilih raket bulu tangkis. Pasalnya kualitas raket badminton yang akan pilih akan mempengaruhi cara bermain Anda.

Simak selengkapnya, kali ini, artikel Okezone.com mencoba membahas tentang tips memilih raket bulu tangkis.

6. Cek berat raket

Sebenarnya raket bulutangkis yang ideal adalah yang ringan, sebab raket yang berat saat digenggam atau digerakkan justru akan membatasi rentang gerakan lengan anda.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempertimbangkan berat raket badminton yang anda butuhkan. Biasanya kamu bisa lihat di bagian bawah handle raket yang berlogo “U” dengan variasi berat dibawah ini.

· U: 95-99 gram.

· 2U: 90 – 94 gram.

· 3U: 85 – 89 gram.

· 4U: 80 – 84 gram.

· 5U: 75 – 79 gram.

· 6U: 7- 74 gram.

5. Cek jenis kepala raket

Tips cek jenis kepala raket sangat ampuh dalam memilih raket bulutangkis, kamu bisa mempertimbangkan jenis kepala raket.

Raket bulutangkis mempunyai 3 jenis kelapa raket. Masing masing jenis kepala raket ini mempunyai fungsi yang berbeda.

· Head heavy (berat): dengan berat membuat raket ini ayunan lebih lambat dan membantu teknik servis.

· Headlight (ringan): kelebihan jenis raket ini dapat membantu menangkis dengan cepat dan luas, sebab tak banyak memberikan dorongan

· Even balanced (seimbang): raket ini terbilang serbaguna karena mudah guna melakukan gerakan smash.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Cek bentuk kepala raket

Anthony Ginting

Tips berikutnya, kamu dapat memilih bentuk raket yang pas untuk sesuai gaya permainan anda. Ada 2 jenis kepala raket badminton.

· Konvensional (oval): berbentuk lonjong sempurna.

· Isometrik: berbentuk kotak atau persegi di bagian atas.

Perbedaan keduanya terletak pada sweet spot, yakni area di kepala raket yang akan memberi kekuatan maksimal bila pantulanya tepat mengenai titik tersebut.

3, Bahan material raket

Bahan material raket yang bagus yakni terbuat dari grafit, aluminium, atau baja. Grafit bahan yang digunakan untuk raket berkualitas tinggi. Aluminium biasanya digunakan oleh pemain level intermediate.

Baja, bahan ini lebih banyak digunakan untuk pembuatan raket berkualitas rendah, dan sering dijadikan untuk para pemula serta harta lebih terjangkau.

2. Bahan senar raket

Perlu memperhatikan bahan senar karet guna kenyamanan dan mempengaruhi performa bermain Anda. Anda harus memilih bahan seperti nilon dan natural gut (hewan)

1. Bahan pegangan raket

Ada beberapa macam untuk mengetahui jenis-jenis bahan pegangan raket, sebab penting untuk kenyamanan bermain untuk Anda, berikut jenis-jenisnya di bawah ini.

· Cotton

Bahan ini sering digunakan untuk pemain bulu tangkis profesional. Bahan ini menyerap keringat, namun memerlukan perawatan ekstra dan mudah rusak.

· Polyurethane

Bahan ini paling mudah ditemukan dari jenis pegangan raket, sebab mudah diproduksi dan awet, tetapi kadang terasa licin dan tidak menyerap keringat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini