Share

Sabet 4 Gelar Juara dan 8 Kali Tembus Final, Rian Ardianto Nilai 2022 Jadi Pencapaian Terbaiknya Bersama Fajar Alfian

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 40 2718289 sabet-4-gelar-juara-dan-8-kali-tembus-final-rian-ardianto-nilai-2022-jadi-pencapaian-terbaiknya-bersama-fajar-alfian-RkAX9mjahw.jpg Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kala berlaga. (Foto: Humas PP PBSI)

JAKARTA – Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto, mengomentari pencapaiannya bersama sang partner, Fajar Alfian, sepanjang 2022 ini. Rian menyebut musim 2022 menjadi pencapaian terbaiknya bersama Fajar Alfian karena sukses menyabet 4 gelar juara hingga 8 kali menembus partai final di berbagai ajang bergengsi.

Sebagaimana diketahui, Fajar/Rian telah berduet sejak 2014. Namun, mereka baru benar-benar tampil sangat cemerlang sepanjang 2022 ini.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Pada tahun ini, duet andalan Pelatnas Cipayung itu berhasil menembus delapan final dari 15 turnamen yang mereka ikuti. Empat gelar juara pun sukses mereka sabet, yakni pada gelaran Swiss Open, Indonesia Masters, Malaysia Masters, dan Denmark Open 2022.

Selain itu, Fajri –sebutan Fajar/Rian- juga membawa pulang medali perunggu di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis dan Kejuaraan Asia 2022. Alhasil, mereka menjadi pasangan Indonesia paling berprestasi tahun ini.

BACA JUGA: Ganda Putra Indonesia Ukir Prestasi Manis, Begini Siasat Herry IP Antisipasi Musuh Baca Peta Kekuatan Fajar Alfian/Rian Ardianto Cs

Bahkan, ranking dunia mereka melompat tinggi selama 2022 ini. Setelah sempat berada di peringkat sembilan pada Januari 2022, per November ini, mereka berada di urutan tiga dunia dengan koleksi 88.055 poin.

BACA JUGA: Belajar dari Pasangan Jepang, Fajar Alfian/Rian Ardianto Tak Mau Terbebani Usai Tembus 3 Besar di Ranking BWF

Oleh karena itu, Rian tak ragu menyebut bahwa musim 2022 ini merupakan tahun terbaiknya bersama Fajar setelah delapan tahun menjadi tandem. Sebab menurutnya, tahun ini sangat spesial karena akhirnya mereka bisa konsisten menjaga performa mereka di level terbaik.

“Kalau menurut saya sih, ini tahun paling bagus ya karena hasil-hasil di tahun-tahun belakangan ini kurang maksimal,” kata Rian kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas Cipayung, Jakarta, pada Rabu, 23 November 2022.

“Kita masih kadang naik, bisa tembus, kadang enggak. Akhirnya di tahun ini, kita bisa lebih stabil, spesiallah tahun ini,” sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Lebih lanjut, Rian berharap performa apiknya dengan Fajar dapat terus berlanjut. Salah satu tujuannya agar mereka bisa mentas di Olimpiade Paris 2024 yang babak kualifikasinya akan dimulai pada Mei 2023.

“Semoga tren positif ini bisa berlanjut di tahun-tahun ke depan. Ya, kita tahu tahun depan ada kualifikasi buat Olimpiade, tahun depannya lagi ada Olimpiade, pasti targetnya pengen banget main di Olimpiade,” jelas pemain berusia 26 tahun asal Bantul itu.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

“2020 itu udah lolos sih sebenarnya, cuma karena kuota jadi masih belum bisa. Semoga bisa lolos lagi tahun depan,” jelasnya.

Berkat performa gemilang selama 2022 itu, Fajar/Rian sukses menjadi duet yang paling banyak mengemas poin selama gelaran BWF World Tour. Mereka mengantongi 91.870 poin.

Hasil tersebut pun membawa Fajar/Rian lolos ke BWF World Tour Finals 2022. Ajang itu akan berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember 2022. Ini merupakan pertama kalinya bagi Fajar/Rian bisa mentas di turnamen penutup tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini