Share

Belajar dari Pasangan Jepang, Fajar Alfian/Rian Ardianto Tak Mau Terbebani Usai Tembus 3 Besar di Ranking BWF

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 30 November 2022 08:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 40 2717562 belajar-dari-pasangan-jepang-fajar-alfian-rian-ardianto-tak-mau-terbebani-usai-tembus-3-besar-di-ranking-bwf-Ju7QE39yud.jpg Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kala berlaga. (Foto: Humas PP PBSI)

JAKARTA – Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, sukses menembus posisi 3 besar di ranking BWF. Meski begitu, Fajar/Rian ogah terbebani dengan target tinggi setelah mencapai posisi itu karena berkaca dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Diketahui, Fajar/Rian masih berada di peringkat 6 pada ranking BWF pada awal November 2022. Namun, mereka berhasil mendongkrak posisinya setelah terus menambah pundi-pundi poin usai mengukir prestasi manis di banyak turnamen.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Alhasil, Fajar/Rian pun menembus posisi 3 besar di ranking BWF pada update per 8 November 2022. Pada Selasa 29 November 2022, BWF telah resmi meng-update ranking terbaru. Fajar/Rian pun masih mempertahankan posisinya dengan 88.055 poin.

BACA JUGA: Dua Wakil Indonesia Tembus Nominasi BWF Player of The Year 2022

Fajar/Rian sukses meninggalkan pasangan yang dilewati sebelumnya, Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia). Dia juga mengasapi seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (Indonesia).

BACA JUGA: Ganda Putra Indonesia Ukir Prestasi Manis, Begini Siasat Herry IP Antisipasi Musuh Baca Peta Kekuatan Fajar Alfian/Rian Ardianto Cs

Menurut Rian Ardianto, pencapaian ini memenuhi target yang telah ditetapkan sebelumnya. Meski begitu, mereka tak mau cepat puas karena masih ada target utama, yakni menjadi nomor 1 dunia.

“Pastinya senang karena ini salah satu target juga masuk 3 besar. Saya sendiri pasti ingin jadi nomor satu kan di dunia,” ucap Rian kepada awak media di Pelatnas, Cipayung pada 23 November 2022.

“Tapi, ya kita enggak mau cepet puas, menghadapi ini jangan sampai peringkat sudah naik, malah dijadiin beban,” lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Di sisi lain, terdapat contoh mengkhawatirkan terjadi pada pasangan Jepang, Hoki/Kobayashi. Seperti diketahui, mereka berhasil naik ke peringkat 1 dunia sejak 20 September 2022, menggeser Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Indonesia) yang sudah mendominasi selama 214 pekan.

Namun setelahnya, penampilan Hoki/Kobayashi justru melempem. Mulai dari tersingkir di babak pertama Denmark Open, hingga hanya sampai perempatfinal di French Open dan Hylo Open.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

“Kemarin Hoki/Kobayashi juga sempat ranking 1 ya, terus malah permainan mereka agak menurun. Jangan sampai dijadiin bebanlah, kita coba buat enjoy, tetap menikmati pertandingan, jangan dijadiin beban,” lanjut Rian.

Saat ini, Fajar/Rian tengah bersiap untuk debut di BWF World Tour Finals 2022 yang bakal digelar di Bangkok, Thailand, pada 7-11 Desember 2022. Pasangan yang memenangkan empat turnamen BWF World Tour 2022 itu, berstatus sebagai peringkat pertama klasemen road to BWF World Tour Finals 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini