Share

Sang Pelatih Sebut Islam Makhachev Belum Pantas Jadi Peringkat Pertama P4P

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Selasa 29 November 2022 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 43 2716651 sang-pelatih-sebut-islam-makhachev-belum-pantas-jadi-peringkat-pertama-p4p-AkPQJgYFif.jpg Islam Makhachev disebut belum pantas raih peringkat pertama P4P (Foto: Twitter/UFC)

SANG pelatih sebut Islam Makhachev belum pantas jadi peringkat pertama pound-for-pound (P4P), Hal ini justru disampaikan pelatihnya sendiri, Javier Mendez.

Islam Makhachev merengkuh sabuk kelas ringan usai mengalahkan Charles Oliveira pada UFC 208, 23 Oktober 2022. Kemenangan ini langsung menempatkannya di peringkat ketiga P4P.

Islam Makhachev

Sebulan kemudian, peringkat 2 P4P Israel Adesanya asal Nigeria-Selandia Baru dikalahkan Alex Pereira (Brasil) dalam UFC 281. Hal itu membuat Adesanya turun ke peringkat 6 P4P dan Pereira membuntuti di urutan 9.

Hasil pertarungan itu itu mempengaruhi peringkat Makhachev secara instan. Petarung Rusia itu naik ke peringkat kedua untuk menggantikan slot tersebut.

Javier Mendez yang melihat itu justru tidak senang. Sebab, untuk mendapatkan peringkat atas P4P, sejatinya tidak hanya dengan memenangkan satu pertarungan. Perlu perjuangan besar dan berkali-kali sebelumnya.

“Lihat, Islam naik ke posisi No. 2 pound-for-pound di UFC hanya dalam satu pertarungan? Bagaimana bisa? Saya tahu dia bagus, dan saya yakin dia No. 1. Saya percaya itu,” kata Mendez dalam sebuah wawancara dengan MMA Junkie dikutip laman mmamania, Senin (28/11/2022).

“Tetapi untuk memberinya tempat No. 2 pound-for-pound hanya dalam satu pertarungan? Tidak. Saya tahu dalam hati saya seiring berjalannya waktu dia akan menjadi No. 1. Sesederhana itu. Tapi hanya karena satu pertarungan tentu tidak bisa,” lanjutnya.

“Saya tidak suka itu. Itu dilakukan terlalu cepat,” tegasnya.

Pada pertarungan berikutnya, Makhachev akan menantang Alexander Volkanovski pada UFC 284 di Perth, Australia. Jika mampu menang dalam pertarungan yang digelar Februari 2023 tersebut, maka Makhachev akan mengambil alih peringkat pertama P4P dari Vokanovski.

Follow Berita Okezone di Google News

Mendez menilai itu tidak adil bagi petarung manapun terutama yang pernah menduduki peringkat pertama tersebut. Dia pun membandingkan bagaimana Volkanovski meraih peringkat itu setelah “babak belur” dalam pertarungan-pertarungan besar sebelumnya.

 Islam Makhachev

“Dia (Makhachev) adalah orangnya (bakal menjadi no.1 P4P), tapi dia perlu berbuat lebih banyak,” tambah Mendez.

“Itulah yang saya yakini. Dia harus mengalahkan Volkanovski, lalu Dariush. Dia harus mengalahkan orang-orang itu, jadi bisa dibilang dia No. 1. Lihat apa yang dilakukan Volkanovski.

“Dia jatuh-bangun dengan semua penantang yang ada di kelas beratnya. Semua orang. Dia meladeni mereka semua. Islam perlu meladeni semua orang. Sekali lagi, saya merasa dia No. 1, tetapi untuk mendapatkan itu Anda harus menghabisi semua orang, begitulah cara kerjanya. Itulah yang saya pikirkan,” lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini